Assri , Shofi (2011) Analisis Manajemen Kepesertaan pada Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JPKM) di Kabupaten Purbalingga. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 12Kb |
Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id
Abstract
Pada tahun 2010, 44% penduduk Indonesia tidak memiliki jaminan di sektor kesehatan. Padahal amanat Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial Nasional, seluruh penduduk Indonesia dilindungi jaminan sosial termasuk kesehatan. Pemerintah Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan program inovatif yakni program JPKM sebagai upaya menjamin kesehatan warganya. Program JPKM merupakan cara penyelenggaraan kesehatan masyarakat yang paripurna, berdasarkan azas bersama dan kekeluargaan yang berkesinambungan dengan mutu terjamin serta pembiayaannya secara pra upaya. Dalam kurun waktu 2005-2010 terjadi penurunan kepesertaan strata III yang merupakan peserta golongan ekonomi mampu. Tujuan penelitian ini menganalisis manajemen kepepesrtaan oleh Pra Bapel JPKM "Sadar Sehat Mandiri" Kabupaten Purbalingga dalam mempertahankan loyalitas peserta JPKM strata III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan wawancara mendalam. Pihak yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari kegiatan manajemen kepesertaan sebanyak 7 orang dan loyalitas peserta JPKM strata III sebanyak 10 orang. Analisis data menggunakan Content Analysis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan manajemen kepsertaan dalam rangka mempertahankan kepesertaan berkontribusi terhadap loyalitas peesrta JPKM strata III. Penurunan kepsertaan JPKM strata III dikarenakan belum adanya kriteria baku yang mengatur kriteria keluarga pasca miskin dan kurangnya inovasi dalam program JPKM. Pra Bapel JPKM Kabupaten Purbalingga perlu merancang inovasi khusus dalam program JPKM sehingga jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh akan sangat mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat, mengingat program JPKM idealnya seimbang antara upaya promotif dan preventif dengan kuratif dan rehabilitatif. Selain itu juga perlu membuat kriteria keluarga pasca miskin dan melakukan kegiatan promotif dan preventif yang terstruktur dan terencana. Kata Kunci: JPKM; Manajemen Kepesertaan; Loyalitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 33790 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 24 Feb 2012 09:54 |
Last Modified: | 24 Feb 2012 09:54 |
Repository Staff Only: item control page