PENGUKURAN DAN ANALISIS KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN HUMAN RESOURCE SCORECARD (Studi Kasus di PT. MAJU JAYA FURINDO – KUDUS)

ARDIYANTO, SIDIQ (2004) PENGUKURAN DAN ANALISIS KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN HUMAN RESOURCE SCORECARD (Studi Kasus di PT. MAJU JAYA FURINDO – KUDUS). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK PT. Maju Jaya Furindo merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Furniture. Saat ini kondisi perusahaan sedang berada dalam kondisi yang kurang baik. Total penjualan yang dihasilkan dari tahun ke tahun tidak stabil bahkan semakin menurun. Pada tahun 2003 total penjualan yang dihasilkan sebesar Rp 36.233.108.024, namun tahun berikutnya turun menjadi Rp 25.768.036.093. Hal ini berarti terjadi perubahan penjualan sebesar -5,7%. Terjadinya penurunan ini mengakibatkan profit yang dihasilkan perusahaan juga akan turun, padahal persaingan semakin tajam, sehingga kondisi seperti ini harus segera diatasi. Fakta yang terjadi adalah adanya penurunan produktivitas pekerja, dari 432.03 meter kubik pada 2003 turun menjadi hanya 385.97 meter kubik pada 2004. Hal ini berarti terjadi penurunan kualitas sumber daya manusia pada PT Maju Jaya Furindo. Untuk itu dilakukan pengukuran kinerja sumber daya manusia pada PT Maju Jaya Furindo dan dianalisis indikator-indikator apa saja yang berpengaruh pada kinerja sumber daya manusia tersebut. Pengukuran dan analisis kinerja sumber daya manusia tersebut dilakukan dengan pendekatan Human Resource Scorecard. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisa yang dilakukan, diperoleh 18 key performance indicators dimana enam diantaranya berwarna merah dan memerlukan perbaikan dengan segera yaitu tingkat produktivitas karyawan, rasio pertumbuhan pelanggan, tingkat pertumbuhan penjualan dan net profit margin. Secara keseluruhan, sumber daya manusia perusahaan berada dalam kondisi yang kurang baik. Hal ini ditunjukkan dengan indeks kinerja perusahaan sebesar 515,9963 dengan indikator berwarna kuning, yang berarti perusahaan harus berhati-hati dan mulai melakukan penelitian untuk mengetahui penyebab terjadinya masalah pada sumber daya manusia perusahaan. Untuk itu perlu dilakukan berbagai kebijakan perbaikan berkaitan dengan indikator-indikator tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : Pengukuran kinerja, Human Resource Scorecard, Key performance indicators
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33767
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:24 Feb 2012 08:46
Last Modified:24 Feb 2012 08:52

Repository Staff Only: item control page