ESTIMASI PROPORSI SISWA SMP DI KOTA SEMARANG YANG BERPERILAKU CURANG PADA SAAT UJIAN AKHIR NASIONAL TAHUN 2011 MENGGUNAKAN MODEL RESPON ACAK (MORESA)

Mukid, Moch. Abdul and GUSWINA, NEDIA (2011) ESTIMASI PROPORSI SISWA SMP DI KOTA SEMARANG YANG BERPERILAKU CURANG PADA SAAT UJIAN AKHIR NASIONAL TAHUN 2011 MENGGUNAKAN MODEL RESPON ACAK (MORESA). Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro 2011 . pp. 441-451. ISSN ISBN:978-979-097-142-4

[img]
Preview
PDF
1767Kb

Official URL: http://stat.undip.ac.id

Abstract

Salah satu cara untuk mengukur keberhasilan proses pendidikan dan pencapaian kompetensi peserta didik yaitu memberikan ujian, termasuk didalamnya adalah ujian nasional. Pemberian ujian nasional di sekolah bertujuan untuk menilai kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. Namun sering kali pelaksanaan ujian nasional diikuti pula perilaku curang yang dilakukan oleh siswa. Namun ketika siswa ditanya oleh guru apakah siswa tersebut melakukan kegiatan curang atau tidak pada saat ujian, siswa tersebut cenderung untuk tidak mau mengakuinya dengan alasan malu atau takut. Dengan menggunakan model respon acak proporsi siswa yang berbuat curang dalam sebuah kelas dapat diduga. Berdasarkan sampel sebanyak 21 sekolah di Kota Semarang diketahui bahwa rata-rata proporsi siswa yang berperilaku curang pada saat pelaksanaan ujian nasional tahun 2011 sebesar 0,117 dengan standar error sebesar 0,122. Namun apabila sekolah-sekolah tersebut dikategorikan menjadi sekolah konvensional, yaitu yang tidak memberikan pelajaran agama dalam porsi yang lebih dan sekolah-sekolah yang memberikan pelajaran agama dalam porsi yang lebih ternyata proporsi curang sekolah konvensional lebih rendah daripada sekolah yang memberikan porsi pelajaran agama yang lebih. Proporsi curang dari sekolah dengan kategori konvensianal sebesar 0,097 dan proporsi curang dari sekolah yang memberikan pelajaran agama lebih sebesar 0,153. Hal ini menjadi petunjuk bahwa penambahan pelajaran agama sampai dengan saat ini belum mampu menekan perilaku curang siswa SMP pada saat ujian nasional.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords: Ujian Nasional, Model Respon Acak, Perilaku Curang
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Document UNDIP
ID Code:33726
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:23 Feb 2012 09:45
Last Modified:23 Feb 2012 09:45

Repository Staff Only: item control page