ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB NONCONFORMING KUALITAS FUNGSI PADA CM 140 “GUERLAIN” DENGAN METODE DISAIN EKSPERIMEN FAKTORIAL (Studi Kasus di PT. Technology Packaging Asia)

R. SILITONGA, ELISABETH (2004) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB NONCONFORMING KUALITAS FUNGSI PADA CM 140 “GUERLAIN” DENGAN METODE DISAIN EKSPERIMEN FAKTORIAL (Studi Kasus di PT. Technology Packaging Asia). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK Kualitas merupakan salah satu faktor dasar kepuasan konsumen dalam banyak produk dan jasa, hal ini meluas tanpa membedakan konsumennya. Untuk itu perusahaan membutuhkan suatu usaha dalam mencapai, mempertahankan dan memperbaiki kualitas dari produk yang dihasilkan agar dapat meningkatkan kemampuan bersaing dengan perusahaan sejenis. Demikian juga yang dilakukan oleh PT. Tech Pack Asia, salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang injection molding yang memproduksi kemasan kosmetik. PT. Tech Pack Asia berusaha melakukan pengendalian dan peningkatan kualitas produk, untuk meningkatkan kemampuan bersaing dengan perusahaan injection molding lainnya. Salah satu perbaikan kualitas yang ingin dilakukan adalah pada produk Water Base (CM 140) “Guerlain”. Berdasarkan data harian pengukuran yang dilakukan oleh quality inspector terhadap sampel produk CM 140, menunjukkan bahwa pada kualitas fungsi masih sering terjadi produk-produk yang belum sesuai dengan spesifkasi yang ditetapkan oleh konsumen sehingga terjadi penolakan lot. Penolakan lot yang terjadi dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan baik berupa uang maupun waktu (apabila keputusannya produk harus di-scrap, rework, atau sortir). Berdasarkan permasalahan di atas maka dilakukan analisis untuk memperbaiki kualitas produk CM 140 “Guerlain”. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan menentukan jenis nonconforming yang paling dominan pada kualitas fungsi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memperngaruhi nonconforming tersebut. Setelah itu, dilakukan penentuan level atau taraf faktor dari faktor-faktor yang telah dipilih dan melakukan eksperimen berdasarkan metode disain eksperimen faktorial (full factorial), agar dapat diketahui level faktor yang tepat untuk memperbaiki kualitas fungsi produk CM 140 “Guerlain”.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : nonconforming, faktorial, variabel, respon, faktor, taraf faktor, ANOVA
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33692
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:22 Feb 2012 13:21
Last Modified:22 Feb 2012 13:23

Repository Staff Only: item control page