BIOKONSENTRASI KERANG DARAH (Anadara granosa Linn)Terhadap LOGAM BERAT CADMIUM (Cd) YANG TERKANDUNG DALAM MEDIA PEMELIHARAAN YANG BERASAL DARI PERAIRAN KALIWUNGU, KENDAL

Rudiyanti, Siti (2009) BIOKONSENTRASI KERANG DARAH (Anadara granosa Linn)Terhadap LOGAM BERAT CADMIUM (Cd) YANG TERKANDUNG DALAM MEDIA PEMELIHARAAN YANG BERASAL DARI PERAIRAN KALIWUNGU, KENDAL. In: Seminar nasional Semarang Perikanan Expo, 2009, Semarang.

[img]
Preview
PDF
104Kb

Abstract

Anadara granosa mampu mengakumulasi logam berat yang terkandung dalam media hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama waktu perlakuan terhadap kandungan Cd dalam tubuh A. granosa serta mengetahui faktor konsentrasi dan faktor biokonsentrasi Cd dalam tubuh A. granosa. Anadara granosa yang bersifat filter feeder dipelihara dalam media (air dan sedimen) yang mengandung Cd. Metode yang digunakan adalah eksperimen laboratoris dengan 4 perlakuan perbedaan asal sedimen yaitu : sedimen yang berasal dari outlet utama limbah PT Kayu Lapis Indonesia (KLI; A), dari sekitar tempat penyimpanan dan pengawetan kayu PT KLI (B), dari outlet limbah PT KLI di muara sungai Wakak dan Plumbon (C), serta sedimen dari Pulau Panjang sebagai pembanding (D). Data yang diambil adalah kandungan Cd dalam tubuh A. granosa pada awal (H-7), setelah aklimatisasi (hari ke-1), hari ke-14, dan hari ke-28. Data dianalisis dengan Sidik Ragam (Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan Cd di tubuh Anadara granosa berkisar antara 0,574 ppm sampai 1,266 ppm. Faktor Konsentrasi Cd berkisar antara 0,298 sampai 3,347. Faktor Bio Konsentrasi Cd terhadap Cd berkisar antara 0,658 sampai 3,703. Lama waktu pemaparan dalam media uji berpengaruh nyata terhadap kandungan Cd dalam tubuh A. granosa.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:33690
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:22 Feb 2012 13:14
Last Modified:22 Feb 2012 13:14

Repository Staff Only: item control page