IMPLEMENTASI METODE ICODE (INTEGRATED CONCEPT DEVELOPMENT) DALAM PERANCANGAN PRODUK ELECTRIC BED KAKI SILANG (STUDI KASUS DI PT. MEGA ANDALAN KALASAN-YOGYAKARTA)

KIKI PUSPASARI, DIAS (2002) IMPLEMENTASI METODE ICODE (INTEGRATED CONCEPT DEVELOPMENT) DALAM PERANCANGAN PRODUK ELECTRIC BED KAKI SILANG (STUDI KASUS DI PT. MEGA ANDALAN KALASAN-YOGYAKARTA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
10Kb

Abstract

ABSTRAK Suatu produk dikatakan sukses di pasaran apabila produk tersebut telah dapat memenuhi keinginan konsumen. Hal inilah yang mendukung perlunya riset terhadap identifikasi kebutuhan konsumen dalam proses perancangan dan pengembangan produk sehingga muncul konsep Quality Function Deployment (QFD) dimana konsep ini untuk memastikan dan menjamin bahwa kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Konsep ini telah dipraktekkan dalam dunia industri namun ternyata konsep ini tidak memuat pengujian konsep yang dapat digunakan untuk memperkirakan peluang produk baru yang akan dikembangkan. Atas dasar ini muncul metode baru yaitu Integrated Concept Development (IcoDe) yang memperbaiki proses pengembangan konsep QFD dan memuat aspek pengujian konsepnya. PT Mega Andalan Kalasan Yogyakarta saat ini mengembangkan produk baru yaitu Electric Bed Kaki Silang. Produk ini merupakan modifikasi produk Supramak yang telah diproduksi oleh PT MAK sebelumnya. Untuk mengetahui apakah Konsep Electric Bed Kaki silang dapat diterima oleh konsumen dan dapat memenuhi kebutuhannya maka implementasi metode IcoDe dilakukan pada awal proses pengembangan produk sampai pengujian konsepnya sehingga dihasilkan beberapa point yang perlu mendapatkan perhatian khusus untuk diperbaiki. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa konsep konstruksi hi-low adjustment (konstruksi kaki silang) merupakan bagian yang paling penting dan paling berpengaruh (fitur produk) pada produk Electric Bed Kaki Silang. Karakteristik Desain yang perlu ditindaklanjuti dari konsep konstruksimenahan beban, desain rangka, konstruksi hi-low adjustment, desain matrass platform, material rangka, material matrass platform. Perbaikan konstruksi hi-low adjusment, karakteristik desain yang perlu ditindaklanjuti adalah desain konstruksi kaki silang, proses assembling dan manufakturnya, material yang digunakan serta gaya pendorong motor penggerak. Konsep konstruksi Electric Bed Kaki Silang yang ada sekarang perlu perbaikan baik konsep konstruksi Electric Bed Kaki silangnya maupun konsep konstruksi hi-low adjustmentnya (kaki silangnya).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Quality Function Deployment (QFD), Integrated Concept Development (IcoDe), Pengujian Konsep, Electric Bed Kaki Silang.
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33687
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:22 Feb 2012 12:57
Last Modified:22 Feb 2012 12:57

Repository Staff Only: item control page