PERANCANGAN FASILITAS FISIK DAN TATA LETAKNYA PADA RUANG KELAS TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS DIPONEGORO DITINJAU DARI ASPEK ERGONOMI

AGUS PRASETYO, DANIEL (2004) PERANCANGAN FASILITAS FISIK DAN TATA LETAKNYA PADA RUANG KELAS TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS DIPONEGORO DITINJAU DARI ASPEK ERGONOMI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK Sebuah ruang fisik dimana terdapat manusia yang melakukan pekerjaan di dalamnya disebut dengan stasiun kerja. Dengan demikian sebuah ruang kelas dapat dipandang sebagai suatu stasiun kerja dengan mahasiswa dan dosen sebagai pekerjanya. Saat sebuah ruang dianggap sebagai suatu stasiun kerja dan terdapat manusia bekerja di dalamnya maka system itu merupakan kajian ergonomi. Karena ruang kelas merupakan kajian ergonomi maka dalam membangun dan merancang suatu ruang kelas perlu mengaplikasikan ilmu-ilmu yang ada dalam ergonomi. Dengan konsep perancangan ruang dan fasilitas berdasar aspek ergonomi maka manusia yang berada di dalamnya dapat melakukan aktivitas dengan efektif, aman dan nyaman. Berdasarkan hasil perancangan fasilitas kemudian dietur tata letaknya dalam ruangan. Perancangan layout dalam ruangan berdasarkan kondisi dalam ruangan dan sudut pandang mahasiswa ke tempat dimana pengajar memberikan penjelasan dan ke papan tulis. Sudut pandang ini diatur sedemikian rupa agar mahasiswa tidak perlu banyak mengunakan gerak tambahan saat melihat papan tulis maupun pengajar.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : ergonomi, perancangan fasilitas, layout
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33667
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:22 Feb 2012 11:35
Last Modified:22 Feb 2012 11:35

Repository Staff Only: item control page