ANALISIS PENYEBAB CACAT DAN PENENTUAN ALTERNATIF PENYELESAIAN MASALAH PADA PROSES PRESS BODY MOBIL (Studi Kasus Pembuatan r/f Rocker Outer Daihatsu Xenia di Karoseri New Aramada Magelang)

ISTIAJI, DANANG (2004) ANALISIS PENYEBAB CACAT DAN PENENTUAN ALTERNATIF PENYELESAIAN MASALAH PADA PROSES PRESS BODY MOBIL (Studi Kasus Pembuatan r/f Rocker Outer Daihatsu Xenia di Karoseri New Aramada Magelang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia industri tidak dapat dipungkiri adanya proses pengambilan keputusan yang menyangkut berbagai permasalahan yang muncul seiring proses produksi berjalan. Suatu permasalahan dapat timbul karena saty penyebab dan bisa juga ditimbulkan oleh lebih dari satu penyebab. Setiap permasalahan pasti memiliki jalan keluar atau alternatif penyelesaian, bisa satu atau lebih dari satu. Dalam menyelesaikan suatu permasalahan dibutuhkan adanya kriteria-kriteria yang akan mengarahkan para pengambil keputusan agar keputusan yang diambilnya benar-benar tepat sesuai kriteria yang dipertimbangkan. Pada proses drawing pembuatan r/f Rocker Outer di New Armada, timbul permasalahan berupa cacat pada hasil drawing tersebut. Proses drawing yang kompleks dan merupakan interaksi dari berbagai faktor produksi (man, machine, material, methode) yang saling berhubungan perlu dipertimbangkan dalam proses penyelesaian masalah ini. Proses identifikasi permasalahan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Pareto dan Fishbone Diagram. Kemudian untuk melakukan pembobotan penyebab-penyebab cacat digunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) utnuk mengetahui jenis cacat yang menjadi prioritas utama dan penyebab utamanya. Proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah ini akan melibatkan kriteria-kriteria dan alternatif-alternatif penyelesaian. Untuk tahap ini digunakan metode AHP yang didalamnya terdapat penyusunan struktur hierarki yang berfungsi untuk memetakan suatu permasalahan agar dapat diperoleh gambaran yang jelas. Output utama dari penelitian ini untuk perusahaan adalah skala prioritas pemilihan alternatif penyelesaian masalah yang mengacu pada jenis cacat dan kriteria yang menjadi pertimbangan pihak perusahaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : Pengambilan Keputusan, Kriteria, Alternatif, Struktur Hierarki dan Analytical Hierarchy Process (AHP).
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33665
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Feb 2012 11:31
Last Modified:22 Feb 2012 11:31

Repository Staff Only: item control page