USULAN PENGEMBANGAN TATA LETAK RUAN RUMAH BERSALIN MENJADI RUMAH SAKIT BERSALIN DENGAN MENGGUNAKAN CARC (Crisp Activity Relationship Chart)

MAHARANI, CHATILA (2004) USULAN PENGEMBANGAN TATA LETAK RUAN RUMAH BERSALIN MENJADI RUMAH SAKIT BERSALIN DENGAN MENGGUNAKAN CARC (Crisp Activity Relationship Chart). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAKSI Rumah Bersalin (RB) yang bergerak di bidang jasa harus dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik peningkatan secara kuantitas maupun kualitas. Dari segi kuantitas, pengembangan RB menjadi Rumah Sakit Bersalin (RSB) memerlukan adanya penambahan pelayanan misalnya pelayanan persalinan dengan tindakan (misalnya operasi, persalinan sungsang dan vacuum extraction). Pengembangan menjadi RSB menuntut penambahan jenis dan luas ruang. Sedangkan dari segi kualitas pelayanan dapat dilakukan dengan cara mengatur tata letak ruang yang baik pada RSB. Pengembangan tata letak ruang RB menjadi RSB dipengaruhi oleh kriteriakriteria yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Kriteria yang bersifat kuantitatif yaitu aliran pasien, dokumen, obat, Bahan Habis Pakai (BHP) dan Pemeriksaan Penunjang (PP). Sedangkan kriteria kualitatif yaitu keterakitan fungsi ruang. Penentuan tata letak ruang ini membutuhkan peta hubungan aktivitas atau ARC (Activity Relationship Chart). Tetapi ARC hanya dapat digunakan untuk kriteria kualitatif saja. Untuk menggabungkan antara kriteria kuantitatif dan kualitatif maka penentuan tata letak ruang menggunakan CARC (Crisp Activity Relationship Chart). CARC menggunakan konsep fuzzy. Teori fuzzy yang digunakan yaitu Fuzzy Decision Making system (FDMS). CARC tidak hanya menggabungkan kriteria kuantitatif dengan kriteria kualitatif saja tetapi juga memperhitungkan bobot setiap kriteria dengan menggunakan Analytic Hierarchy process (AHP). Keluaran dari CARC digunakan sebagai masukan software tata letak yaitu BLOCPLAN. Dari software BLOCPLAN dihasilkan pembagian ruang tiap lantai dan penyusunan tata letak ruang setiap lantainya. Penyusunan tata letak ruang tiap lantai menghasilkan 3 usulan tata letak untuk lantai 1, 2 usulan tata letak ruang untuk lantai 2 dan 2 usulan tata letak ruang untuk lantai 3. Parameter dari software BLOCPLAN digunakan untuk menunjukkan perbedaan performansi setiap usulan selain dilihat dari hasil tata letak ruangnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Rumah Bersalin, Rumah Sakit Bersalin, CARC, fuzzy, BLOCPLAN
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33661
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Feb 2012 11:13
Last Modified:22 Feb 2012 11:13

Repository Staff Only: item control page