UPAYA PERBAIKAN PRODUKTIVITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN TOTAL PRODUCTIVITY MODEL (TPM) (Studi Kasus di PT SUMBER MAKMUR LOV)

BUDI LEKSANA, CHARLES (2004) UPAYA PERBAIKAN PRODUKTIVITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN TOTAL PRODUCTIVITY MODEL (TPM) (Studi Kasus di PT SUMBER MAKMUR LOV). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

ABSTRAK PT Sumber Makmur Lov suatu perusahaan yang memproduksi air minum dalam kemasan, perusahaan ini terletak di Desa Banyu Biru, Ambarawa. Produk yang dihasilkan berupa air minum dalam kemasan cup dan galon. Air minum dalam kemasan merupakan produk yang dicari salah satunya karena praktis dan murah. Karena itu untuk mendukung harga yang kompetitif, perusahaan harus mengefisienkan sumber dayanya untuk memperoleh output berupa produk yang baik. Ukuran yang menunjukkan kemampuan sistem dalam menghasilkan produk yang baik adalah produktivitas. Dihadapkan dengan kondisi PT Sumber Makmur Lov saat ini yang tidak melakukan pengukuran dan analisis produktivitas, yaitu hanya melakukan perhitungan rasio profitabilitas dalam mengukur kinerja perusahaan, dalam jangka panjang akan menghambat usaha perusahaan dalam memperluas pasarnya. Harga yang kompetitif dapat diperoleh jika dicapai biaya produksi yang efisien, biaya tersebut dipengaruhi oleh penggunaan sumber-sumber daya perusahaan dan penerapan teknik-teknik peningkatan produktivitas. Dalam mengidentifikasi efisiensi sumber-sumber daya dan teknik-teknik yang optimal dilakukan pengukuran dan evaluasi produktivitas total menggunakan pendekatan total Productivity model. Dari analisis yang dilakukan diperoleh bahwa penggunaan sumber-sumber daya kurang efisien, dan beberapa teknik peningkatan produktivitas memberikan kontribusi positif, tetapi banyak dari teknik yang digunakan tidak optimal. Untuk itu perlu penanganan lebih lanjut dengan pendekatan pengukuran produktivitas secara berkesinambungan maupun dengan optimasi teknik-teknik peningkatan produktivitas dengan bantuan konsultan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : harga kompetitif, efisiensi, produktivitas total, sumber daya, biaya produksi, teknik peningkatan produktivitas
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33659
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Feb 2012 10:36
Last Modified:22 Feb 2012 10:36

Repository Staff Only: item control page