PENYEIMBANGAN LINI PERAKITAN SEPEDA MOTOR TOSSA PRIMA SUPRA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HYBRID SIMULASI-ANALITIS (Studi Kasus di PT. TOSSA SHAKTI)

SETIABUDI, ARIF (2004) PENYEIMBANGAN LINI PERAKITAN SEPEDA MOTOR TOSSA PRIMA SUPRA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HYBRID SIMULASI-ANALITIS (Studi Kasus di PT. TOSSA SHAKTI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

ABSTRAK PT. Tossa Shakti adalah suatu perusahaan perakitan sepeda motor yang berlokasi di Kaliwungu Kendal. Hampir seluruh komponen yang diperlukan dalam perakitan sepeda motor Tossa diimpor dari Cina. Beberapa jenis sepeda motoryang diproduksi antara lain : Optima X, Venus, Hercules, Prima, dan Maestro. Di antara jenis-jenis sepeda motor yang dihasilkan tersebut, sepeda motor jenis Prima Supra adalah produk yang paling banyak diminati konsumen. Sepeda motor jenis ini dirakit pada plant III pada lini perakitan A. Sebagai perusahaan perakitan, PT. Tossa Shakti tentunya tidak lepas dari permasalahan performansi lini perakitan yang ada.Untuk meningkatkan performansi dalam lini perakitan khususnya dalam hal keseimbangan lintasan perakitan tersebut dilakukan pendekatan hybrid analitis-simulasi. Sistem yang ada dianalisis dengan menggunakan metode line balancing, yaitu Ranked Positional Weight Method (RPWM), dan Computer Method of Sequencing Operation for Assembly Lines (COMSOAL). Selain itu juga dibangun suatu model simulasi yang menjadi representasi dari sisotem tersebut. Hasil dari analisis line balancing yang diperoleh selanjutnya digunakan untuk melakukan perubahan desain dalam model simulasi dari sistem tersebut. Dari langkah tersebut kemudian dilakukan penilaian terhadap performansi dari sistem awal maupun dari sistem yang telah dimodifikasi berdasarkan proses hybrid tersebut. Dari pengembangan solusi hybrid yang dilakukan dan setelah melakukan perbandingan terhadap alternatif desain yang ada, diperoleh hasil bahwa peningkatan performansi terbaik untuk limi perakitan A di PT, Tossa Shakti diperoleh dari alternatif desain yang diperoleh dari solusi line balancing dengan menggunakan metode RPWM. Untuk mengaplikasikan desain ini juga perlu dilakukan penyesuaian dari sisi operator maupun peralatan yang digunakan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : pendekatan hybrid, line balancing, simulasi,lini perakitan
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33651
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:22 Feb 2012 09:26
Last Modified:22 Feb 2012 09:26

Repository Staff Only: item control page