PERANCANGAN ULANG SISTEM KERJA PADA STASIUN PERAKITAN CRANKCASE DI PT. TRIANGLE MOTORINDO

KURNIAWAN, ARIF (2004) PERANCANGAN ULANG SISTEM KERJA PADA STASIUN PERAKITAN CRANKCASE DI PT. TRIANGLE MOTORINDO. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAKSI PT. Triangle motorindo merupakan suatu perusahaan yang berorientasi pada perakitan sepeda motor dengan skala nasional. Dalam upaya melakukan peningkatan produktivitas kerjanya, sangat perlu dilakukan pemanfaatan sumber-sumber daya yang telah dipunyai secara maksimal. Salah satu sumber daya yang saat ini dirasa belum dipergunakan secara optimal adalah sistem kerja pada stasiun-stasiun kerja preline baik preline mesin maupun preline rangka. Dari permasalahan yang ada maka sangat perlu dilakukan perbaikan pada sistem kerja tersebut dengan menerapkan aspek-aspek anthopometri dalam perancangan fasilitas kerja dan melakukan analisis metode kerja selama proses perakitan. Berdasarkan stasiun kerja rancangan yang telah dibuat, performansi kerja operator dapat dihitung dengan menerapkan metode pengukuran kerja secara tidak langsung yaitu metode Predetermined Motion Time Study (PDTS). Hasil rancangan fasilitas kerja usulan berdasarkan data anthopometri dan penerapan metode kerja sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi gerakan dapat meningkatkan performansi kerja operator secara signifikan. Berdasarkan peta proses operator baru (redesain) dapat dilakukan estimasi waktu baku pada stasiun kerja usulan yaitu sebesar 122,5 detik. Jika waktu baku stasiun ini dikonevrsikan ke satuan unit, maka dalam satu hari kerja operator pada stasiun kerja ini dapat menghasilkan output kerja sebesar 29,39 unit/jam atau 176 unit/hari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : ergonomi, perancangan stasiun kerja, anthopometri, peta proses operator, Predetermined Motion Time Study (PDTS).
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33637
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:21 Feb 2012 12:43
Last Modified:21 Feb 2012 12:43

Repository Staff Only: item control page