ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DOSEN TEKNIK INDUSTRI UNDIP DENGAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESSMENT TECHNIQUE (SWAT)

SUGIYANTO, ARIEF (2004) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DOSEN TEKNIK INDUSTRI UNDIP DENGAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESSMENT TECHNIQUE (SWAT). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK Dalam perguruan tinggi, dosen mempunyai peranan yang penting untuk meningkatkan dan menjaga kualitas mahasiswa dan lulusannya. Dari penelitian pendahuluan,terlihat adanya mahasiswa yang kurang puas terhadap kinerja dosen Teknik Industri selama ini. Penulis menduga permasalahan tersebut karena beban kerja dosen yang cukup berat, apalagi dilihat dari rasio jumlah mahasiswa dengan dosen tetap di Teknik Industri pada tahun pelajaran 2003/2004 sebesar 25,29 : 1 . Rasio ini lebih tinggi dari ukuran baki Tim DIKTI, yaitu 20 : 1 untuk kelompok IPA/rekayasa (SK 034/DIKTI/Kep/2002). Di luar perkuliahan, dosen juga mempunyai banyak kegiatan lain yang harus dilaksanakan, baik yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, maupun kegiatan penunjang lainnya. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengetahui besar beban kerja mental dosen Teknik Industri dalam melaksanakan tugasnya dan mengidentifikasi faktor penyebab beban kerja mental yang tinggi maupun rendah untuk kemudian memberikan usulan perbaikan kinerja. Subjek penelitian ini adalah 7 orang dosen dan menggunakan metode Subjective Workload Assessment Technique (SWAT) yang dikembangkan oleh Garry B. Reid dan Thomas Eric Nygren. Metode ini menggunakan tiga deskriptor, yaitu dimensi beban waktu (time), beban usaha mental (effort) dan beban tekanan psikologis (stress) dan dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pembuatan skala (scale development) dan tahap pemberian nilai terhadap pekerjaan (event scoring). Beban kerja mental terbesar yang dialami dosen Teknik Industri adalah pada saat melaksanakan kegiatan pengajaran dan beban ini masih termasuk kategori sedang. Sedangkan permasalahan yang muncul adalah dari tiap dimensi, yaitu rendahnya beban waktu dosen dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, tingginya beban usaha mental pendidikan dan bimbingan serta cukup tinggi beban tekanan psikologis penelitian, sehingga usulan perbaikan kinerja yang dilakukan adalah untuk mengakomodasi permasalahan tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Beban Kerja Mental, Subjective workload Assessment Tchnique (SWAT), Dosen, Tri Dharma Perguruan Tinggi
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33636
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:21 Feb 2012 12:36
Last Modified:21 Feb 2012 12:36

Repository Staff Only: item control page