STANDARD OPERATING PROCEDURE KEGIATAN PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK YANG MENGGUNAKAN METODE QFD (Studi Kasus di PT. Mega Andalan Kalasan, Yogyakarta)

NOFIANA, ANITA (2004) STANDARD OPERATING PROCEDURE KEGIATAN PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK YANG MENGGUNAKAN METODE QFD (Studi Kasus di PT. Mega Andalan Kalasan, Yogyakarta). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

ABSTRAK QFD merupakan serangkaian proses dari perancangan produk yang menjadi satu siklus hingga realisasi produk tersebut yang memfokuskan perancangannya pada keinginan konsumen [Dieter, 2000]. Prinsip dasar dari QFD adalah menagkap voice of customer dan memastikan untuk menterjemahkan keinginan konsumen tersebut ke dalam kebutuhan strategi, produk, dan proses yang tepat. Kegiatan perancangan dan pengembangan Produk di PT. Mega Andalan Kalasan Yogyakarta menggunakan meotde QFD. Namun QFD tersebut belum dilaksanakan secara sistematis dan terintegrasi. Pelaksanaan QFD oleh masing-masing unit baik Hospital Equipment (HE), Aneka Produk (AP), Machinery ataupun seksi tools dilakukan berdasarkan trial-error sehingga menyebabkan pemborosan waktu dan biaya. Hal ini terjadi karena belum adanya standard bagi kegiatan perencanaan dan pengembangan produk (P3) yang menggunakan metode QFD sehingga dapat digunakan sebagai acuan. Standard Operating Procedure (SOP) P3 merupakan suatu petunjuk prosedur pelaksanaan yang baku bagi kegiatan P3. SOP dapat digunakan sebagai acuan untuk tim perencana dan pengembang untuk melakukan kegiatan-kegiatan secara sistematis dan terintegrasi. Penggunaan SOP diharapkan mampu mengurangi pemborosan waktu dan biaya serta menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan. SOP yang dibuat meliputi SOP untuk kegiatan pengumpulan customer needs, penentuan input desain dan benchmarking sehingga dapat diperoleh perbaikan rancangan produk berdasarkan keinginan pelanggan. SOP yang dibuat diuji validitasnya dengan implementasi pada produk Baby Basket.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Perancangan dan Pengembangan Produk, QFD, Konsumen, SOP, Implementasi
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33630
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:21 Feb 2012 10:42
Last Modified:21 Feb 2012 10:42

Repository Staff Only: item control page