PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN SEBAGAI ALAT BANTU PENGENDALIAN PERSEDIAAN BERDASARKAN METODE MINIMAL STOK DAN ANALISIS ABC PADA STOK SUPERMARKET DAN GUDANG (STUDI KASUS DI SUPERMARKET SURYA BARU-PATI)

ADI S, TRI (2002) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN SEBAGAI ALAT BANTU PENGENDALIAN PERSEDIAAN BERDASARKAN METODE MINIMAL STOK DAN ANALISIS ABC PADA STOK SUPERMARKET DAN GUDANG (STUDI KASUS DI SUPERMARKET SURYA BARU-PATI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK Informasi merupakan sebuah kata yang sering didengar. Kata itu berarti suatu data yang telah diolah dan bermanfaat bagi yang menerimanya. Informasi digunakan di berbagai tempat, waktu, dan ruang. Tiap hari manusia tidak terlepas dari informasi. Supermarket Surya Baru merupakan sebuah jasa yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya perdagangan barang-barang kebetuhan sehari-hari kepada masyarakat. Aktivitas di Surya Baru terbagi dalam beberapa bagian, salah satunya adalah bagian persediaan supermarket dan gudang. Dalam menjalakan aktivitasnya, bagian tersebut tidak terlepas dari kebutuhan akan informasi. Informasi-informasi yang dibutuhkan bagian tersebut mencakup nama barang, sisa stok supermarket, sisa stok gudang, dan lain sebagainya. Dalam pelaksanaannya, informasi diolah dan disampaikan dengan berbagai cara, dari cara konvensional hingga ke modern. Cara konvensional berarti informasi tersebut diolah dan disampaikan dengan metode yang sebagian besar menggunakan cara manual, sedangkan cara modern berarti telah ditambahkan dengan suatu perangkat tambahan (misalnya komputer) dalam pengolahan dan panyampaiannya. Belum terintegrasinya data secara komputerisasi pada bagian tersebut di Surya Baru menyebabkan informasi tersebut seringkali tidak akurat dan membuthkan waktu yang lama untuk mengolahnya. Masalah lain yang timbul adalah tidak terkontrolnya keadaan stok seluruh barang. Akibatnya dapat terjadi kehabisan/kekurangan stok. Untuk meminimalisir kejadian ini, dibutuhkan suatu hal yang baru, yakni sistem informasi persediaan yang terintegrasi dengan berbasis komputer.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Sistem Informasi Pesediaan, Komputerisasi, Stok
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33582
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Feb 2012 11:17
Last Modified:17 Feb 2012 11:17

Repository Staff Only: item control page