SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENGANALISA KESESUAIAN JENIS VEGETASI MANGROVE MENGGUNAKAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)

Kusumaningrum, Retno and Endah, Sukmawati Nur (2010) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENGANALISA KESESUAIAN JENIS VEGETASI MANGROVE MENGGUNAKAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP). PROSIDING SEMINAR NASIONAL ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DIPONEGORO 2010 . pp. 136-144.

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
418Kb

Abstract

Kesesuaian jenis vegetasi mangrove dengan kondisi fisik area reboisasi hutan mangrove dipengaruhi oleh beberapa kriteria, dan hal tersebut merupakan salah satu faktor penting di dalam meningkatkan keberhasilan kegiatan reboisasi hutan mangrove. Kondisi fisik suatu wilayah yang berbeda-beda serta beranekaragamnya jenis vegetasi mangrove, menjadikan proses pengambilan keputusan di dalam menentukan tumbuhan untuk reboisasi hutan mangrove menjadi suatu permasalahan yang kompleks, yaitu pengambilan keputusan berdasarkan kriteria majemuk. Sistem pendukung keputusan DESSTA ApMa (Decision Support System To Analize the Appropriateness of Mangrove) merupakan sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan untuk menentukan kesesuaian jenis vegetasi mangrove terhadap faktor lingkungannya dengan menggunakan Analytic Hierarchy Process sebagai modelnya. Kriteria dari model AHP merupakan faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kehidupan mangrove meliputi salinitas, toleransi terhadap kekuatan ombak dan angin, toleransi terhadap kandungan lumpur, toleransi terhadap kandungan pasir serta frekuensi penggenangan. Sedangkan alternative yang digunakan adalah 14 jenis vegetasi mangrove yang baik untuk proses reboisasi hutan mangrove di Indonesia. Fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh DESTA AppMa antara lain pembobotan kriteria, pembobotan alternatif untuk masing-masing kriteria, dan tingkat kesesuaian jenis vegetasi.

Item Type:Article
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:33579
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Feb 2012 10:39
Last Modified:02 Mar 2012 12:45

Repository Staff Only: item control page