USULAN METODE PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KONDISI KUANTITAS BAHAN BAKU (STUDI KASUS DI PT. SINAR BAHARI AGUNG DIVISI SURIMI)

AKBAR, TAUFIK (2002) USULAN METODE PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KONDISI KUANTITAS BAHAN BAKU (STUDI KASUS DI PT. SINAR BAHARI AGUNG DIVISI SURIMI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK PT. Sinar Bahari Agung Divisi Surimi adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengumpulan dan pengolahan hasil laut untuk melayani permintaan dalam negeri maupun luar negeri, dimana dalam melakukan aktifitas produksinya perusahaan ini berproduksi berdasarkan pesanan dari konsumen (Job Order). Selama ini perusahaan mengalami kesulitan dalam pemenuhan pesanan pelanggan karena sistem perencanaan kapasitas dan pengendalian produksi yang kurang baik dimana perusahaan belum menerapkan perencanaan produksi yang terencana dengan baik sehingga menimbulkan biaya persediaan dan biaya penalti yang cukup besar, hal ini dapat menimbulkan turunnya kepercayaan pelanggan kepada perusahaan. Perencanaan produksi yang lebih sistematis dan terencana sebagai metode perencanaan produksi surimi kakap pada PT. Sinar Bahari Agung Divisi Surimi dapat digunakan menghadapi permintaan yang datang, dimana setelah dilakukan perhitungan dan analisa didapatkan bahwa metode yang terbaik adalah Metode Perencanaan Produksi Dengan Optimasi Transportasi dibandingkan dengan metode usulan yang lain dengan rata-rata biaya total per bulan yang paling kecil yaitu Rp 6.811.383,00. Perencanaan kapasitas yang dilakukan dapat digunakan sebagai peetimbangan dalam perencanaan produksi perusahaan dengan memperhatikan kondisi ketersediaan bahan baku, karena meskipun kapasitas produksi mencukupi namun bahan baku jumlahnya kurang maka produksi tidak bisa berjalan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Perencanaan produksi, biaya total, optimasi transportasi
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33578
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:17 Feb 2012 10:33
Last Modified:17 Feb 2012 10:33

Repository Staff Only: item control page