PERENCANAAN PRODUKSI (AGREGAT-DISAGREGAT) UNTUK MKENETAPKAN KEBIJAKAN DALAM MENGANTISIPASI FLUKTUASI PERMINTAAN DAN MEMINIMALKAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus PT. Industri Sandang Nusantara Cilacap)

SUDARNO SUDARNO, SUDARNO (2002) PERENCANAAN PRODUKSI (AGREGAT-DISAGREGAT) UNTUK MKENETAPKAN KEBIJAKAN DALAM MENGANTISIPASI FLUKTUASI PERMINTAAN DAN MEMINIMALKAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus PT. Industri Sandang Nusantara Cilacap). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

ABSTRAK PT. Industri Sandang Nusantara Cilacap merupakan suatu industri proses yang bergerak dalam bidang tekstil, yaitu industri yang memproduksi benang dalam bentuk gulungan (cones), berfluktuasinya permintaan menyebabkan PT. Industri Sandang Nusantara Cilacap membutuhkan suatu perencanaan produksi yang mampu memenuhi kebutuhan permintaan setiap periode. Keadaan pasar yang tidak pasti menyebabkan perusahaan perlu untuk dapat menyusun suatu perencanaan produksi yang mampu mengantispasi fluktuasi permintaan agar menghasilkan biaya minimum, dengan cara mengoptimumkasn penggunaan tenaga kerja, peralatan produksi yang tersedia dan memanfaatkan fluctuaton stock sehingga tidak terjadi back order. Metode Agregat-Disagregat adalah salah satu metode perencanaan produksi yang dapat menyusun suatu jadual induk produksi (JIP) yang dapat memenuhi permintaan pada waktu yang tepat dengan menggunakan sumbersumber atau alternatif produksi yang tersedia dengan biaya paling minimum untuk keseluruhan jenis produk. Hasil perencanaan menunjukkan bahwa perencanaan yang diusulkan mampu mengantisipasi fluktuasi permintaan dan dapat menghemat biaya produksi yang diakibatkan modal tertahan (opportunity cost of capital) sebesar Rp 242.341.896,52 untuk periode 3 bulan pertama.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Perencanaan Agregat-Disagregat, Back Order, Fluctuation Stock
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33576
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Feb 2012 10:27
Last Modified:17 Feb 2012 10:27

Repository Staff Only: item control page