Pengelolaan Air Tanah Berbasis Konservasi di Recharge Area Boyolali (Studi Kasus Recharge Area Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah)

MEYRA , RIASTIKA (2011) Pengelolaan Air Tanah Berbasis Konservasi di Recharge Area Boyolali (Studi Kasus Recharge Area Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah). Masters thesis, Program Magister Ilmu Lingkungan.

[img]
Preview
PDF - Published Version
127Kb

Abstract

ABSTRAK Potensi air tanah di Kabupaten Boyolali cukup besar, karena berada pada Cekungan Air tanah Karanganyar – Boyolali. Penelitian dilakukan untuk menemukan bentuk pengelolaan air tanah berbasis konservasi yang ideal guna menjaga kelestarian potensi air tanah di Kabupaten Boyolali dengan menganalisis kondisi daerah imbuhan (recharge area) air tanahnya yang terletak di Kecamatan Cepogo dan menganalisis permasalahan lingkungan di daerah tersebut. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei berupa pengukuran, wawancara, dan observasi lapangan untuk memperoleh fakta – fakta yang terjadi di daerah penelitian. Dari penelitian diperoleh hasil potensi air tanah Kabupaten Boyolali dalam bentuk mata air yang cukup besar total mencapai 2.085 l/dtk yang dimanfaatkan untuk keperluan irigasi dan sumber air bersih PDAM. Potensi air tanah yang besar tersebut bergantung kelestariaanya pada Kecamatan Cepogo yang merupakan daerah imbuhan (recharge area) air tanah bagi wilayah Mata Air Pengging. Kecamatan Cepogo berada pada elevasi 700 – 1000 m di atas permukaan laut dengan ketinggian muka air tanah berkisar antara 10 – 50 m bmt. Permasalahan terkait air tanah yang ada di daerah imbuhan (recharge area) air tanah Kecamatan Cepogo antara lain: masalah tata guna lahan yang disebabkan oleh penambangan bahan galian C dan kondisi sosial masyarakat Pengelolaan air tanah berbasis konservasi berdasarkan PP No 43 Tahun 2008 yang diusulkan untuk dapat diterapkan di daerah imbuhan (recharge area) air tanah Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, dilakukan melalui kegiatan perlindungan dan pelestarian air tanah, dan pengawetan air tanah. Dimana penyelenggaraannya berada di tangan Pemerintah sesuai dengan kewenangannya, dengan mengikutsertakan masyarakat.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Environmental Science
ID Code:33569
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:17 Feb 2012 09:27
Last Modified:17 Feb 2012 09:27

Repository Staff Only: item control page