ANALISA ERGONOMI KURSI KEMUDI DAN PERALATAN KONTROL UTAMA PADA MOBIL SEDAN EROPA DAN JEPANG (Studi Kasus pada Honda New City VTEC-Steermatic dan Volkswagen New Beetle 1.6L A/T)

YOGA, PRADITYA (2002) ANALISA ERGONOMI KURSI KEMUDI DAN PERALATAN KONTROL UTAMA PADA MOBIL SEDAN EROPA DAN JEPANG (Studi Kasus pada Honda New City VTEC-Steermatic dan Volkswagen New Beetle 1.6L A/T). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan dunia otomotif begitu pesat dan sudah sangat mempengaruhi caracara pengangkutan, baik barang maupun manusia. Kendaraan bermotor sudah digunakan oleh sebagian besar orang dan telah menjadi barang yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Tujuan mula-mula pembuatan kendaraan bermotor adalah agar pengangkutan barang maupun manusia dapat lebih efisien dan dilakukan dengan selamat. Penggunaan mobil sebagai alat transportasi yang penting saat ini menyebabkan frekuensi penggunaan yang meningkat, sehingga akan memunculkan masalah baru yaitu ketidaknyamanan karena ketidak sesuaian ukuran pada peralatan yang dipakai, hal tersebut yang melatar belakangi penelitian ini. Permasalahan yang diambil adalah penerapan analisa ergonomi pada ruang kemudi sedan Eropa dan mobil sedan Jepang yang dipasarkan di Indonesia, dengan menggunakan aspek antropometri pada kursi kemudi dan peralatan kontrol utama (primary control), dan juga aspek biomekanika pada kursi kemudi di mobil. Dengan menggunakan penerapan ergonomi, khususnya Antropometri dan Biomekanika pada kursi kemudi dan peralatan kontrol utama (primary controls) pada kabin mobil, perbandingan kenyamanan pada kedua mobil dapat diketahui. Dengan menggunakan konsep persentil dan perhitungan biomekanika pada objek yang diteliti, dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mobil ditinjau dari sudut pandang Antropometri dan Biomekanikanya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Ergonomi, Antropometri, Biomekanika. Kursi kemudi (car seat), dan peralatan kontrol utama (primary controls).
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33546
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:15 Feb 2012 15:05
Last Modified:15 Feb 2012 15:05

Repository Staff Only: item control page