Asmarani , Ratna (2002) CLASSROOM RESEARCH: the Idea of Teachers as Researchers. Kajian Sastra (2). pp. 77-82. ISSN 0852 0704
| PDF - Published Version 5Kb |
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendiskusikan ide tentang guru yang juga berperanan sebagai peneliti. Pemikiran ini timbul dari kenyataan bahwa pihak yang dominan melakukan penelitian tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar adalah peneliti bukan guru yang terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Hal ini akan menimbulkan beberapa permasalahan. Sementara itu pihak guru sendiri belum tentu menyambut baik ide tentang guru sebagai peneliti dengan alasan kesibukan mengajar untuk menutupi alasan sebenarnya yang tidak terucapkan. Sebenarnya banyak manfaat yang bisa dipetik baik oleh guru sendiri maupun oleh pembelajar kalau penelitian tentang kegiatan/materi belajar mengajar dilakukan oleh guru kelas yang bersangkutan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian dalam kelas, profesionalisme, hambatan, manfaat, peneliti, ironi, generalisasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of English |
ID Code: | 3354 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 12 Jan 2010 14:38 |
Last Modified: | 12 Jan 2010 14:38 |
Repository Staff Only: item control page