ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENYIMPANGAN POSISI PIN RING OP3 CYLINDER HEAD DENGAN METODE DISAIN EKSPERIMEN FAKTORIAL (Studi Kasus Astra Daihatsu Motor Engine Plant)

TIGOR, JOBFI (2002) ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENYIMPANGAN POSISI PIN RING OP3 CYLINDER HEAD DENGAN METODE DISAIN EKSPERIMEN FAKTORIAL (Studi Kasus Astra Daihatsu Motor Engine Plant). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK Kualitas merupakan faktor dasar kepuasan konsumen dalam banyak produk dan jasa, dan hal ini meluas tanpa membedakan konsumennya. Untuk itu, adanya pengendalian ataupun peningkatan kualitas suatu produk atau jasa merupakan hal yang tak dapat dihindari dalam suatu proses produksi. Karena kualitas merupakan standar kepuasan konsumen maka Astra Daihatsu Motor Engine Plant selalu berusaha memperbaiki kualitas produknya. Salah satu perbaikan yang ingin dilakukan adalah terhadap nilai penyimpangan posisi, khususnya pada pin ring OP3 Cylinder Head karena pada proses ini nilai penyimpangan posisinya banyak yang berada di luar batas toleransi perusahaan dan mendekati batas toleransi tersebut. Penyimpangan posisi di sini adalah perubahan/penyimpangan posisi/letak dari pin ring OP3 Cylinder Head terhadap base. Berdasarkan permasalahan di atas maka dilakukan analisa untuk memperbaiki nilai penyimpangan posisi OP3 Cylinder Head. Langkah-langkah yang dilakukan adalah mencari faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi nilai penyimpangan tersebut (variabel respon). Setelah itu, dilakukan penentuan level atau taraf faktor dari faktorfaktor yang telah dipilih dan melakukan eksperimen. Disain eksperimen yang dipilih adalah disain eksperimen faktorial (full factorial). Setelah eksperimen dijalankan maka dilakukan perhitungan ANOVA untuk mengetahui faktor-faktor yang memberikan pengaruh secara signifikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : faktorial, variabel respon, faktor, taraf faktor, ANOVA
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33524
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:15 Feb 2012 10:01
Last Modified:15 Feb 2012 10:01

Repository Staff Only: item control page