PERBAIKAN PROSEDUR DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI UNTUK MENUNJANG KELANCARAN PROSES PRODUKSI PAKAIAN JADI DI PT. CERAH GARMINDO MANDIRI PERKASA

SATRIYO, HAMDAN (2002) PERBAIKAN PROSEDUR DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI UNTUK MENUNJANG KELANCARAN PROSES PRODUKSI PAKAIAN JADI DI PT. CERAH GARMINDO MANDIRI PERKASA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAKSI PT Cerah Garmindo Mandiri Perkasa adalah sebuah perusahaan garment yang terletak di Jl. Ngobo Ds. Waringin Putih Kec. Karangjati Semarang. Aktifitas-aktifitas yang dilakukan secara rutin yaitu pra-kontrak, kontrak, produksi, dan pasca produksi. Dalam pelaksanaannya, setiap aktifitas memerlukan informasi untuk kelancaran proses aktifitas yang terjadi. Sistem informasi yang digunakan selama ini kurang mendukung proses tersebut, karena kurang cepat dan fleksibel dalam menyajikan informasi. Bagian produksi saat ini menjalankan aktifitasnya hanya berdasarkan kebiasaan yang telah berlaku dan petunjukdari pemilik dan pihak manajemen, sehingga ketika mendapatkan order lain yang seharusnya dilakukan prosedur yang sama, dilakukan pengambilan keputusan kembali yang akhirnya membutuhkan waktu lebih lama. Prosedur yang ada juga terlalu kompleks. Dengan kata lain, permasalahan yang timbul pada perusahaan adalah adanya keterlambatan dalam pengolahan atau penyajian data. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang terintegrasi pada tiap-tiap aktifitas, dalam hal ini aktifitas produksi dan pasca produksi, yang dijalankan secara komputerisasi sehingga dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan menjadi lebih jelas dan cepat. Dalam laporan tugas sarjana ini, penulis mengembangkan suatu prosedur baku dengan melakukan perbaikan dari prosedur yang ada menjadi lebih sistematis, sederhana dan jela sehingga aliran informasi menjadi lebih efisien. Kemudian dilakukan perancangan sistem informasi dengan menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle), dan dalam memodelkan dan menganalisis sistem menggunakan IDEF (Integration Definition). Hal ini akan membantu dalam menganalisis permasalahan yang terjadi. Dengan adanya perbaikan prosdur dan perancangan sistem informasi ini diharapkan akan dapat mengefisienkan aliran informasi dan mempermudah dalam mendapatkan informasi yang akan menunjang kelancaran proses produksi yang terjadi pada tahap produksi dan pasca produksi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : informasi, prosedur, sistem informasi
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33518
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2012 09:38
Last Modified:15 Feb 2012 09:38

Repository Staff Only: item control page