ANILISIS TINGKAT KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD dr.H SOEWONDO KENDAL DENGAN PENDEKATAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

KURNIAWAN, ADE (2011) ANILISIS TINGKAT KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD dr.H SOEWONDO KENDAL DENGAN PENDEKATAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Di RSUD Kendal masih didapatkan ada keterlambatan kehadiran perawat saat operan, adanya perawat yang pindah kerja karena tidak mendapatkan jabatan yang sesuai, SOP yang ada belum dilaksanakan secara optimal serta bertambahnya BOR setiap tahun menyebabkan semakin meningkatnya beban kerja perawat, dimana tidak dibarengi denganpeningkatan jumlah perawat. Kepuasan kerja adalah keadaan emosional yang menyenangkan terhadap perbedaan penghargaan yang diterima dan yang seharusnya diterima. kepuasan kerja perawat perlu mendapatkan perhatian serius dari pihak manajemen rumah sakit, karena perawat merupakan karyawan terbesar dan menjadi ujung tombak pelaksanaan pelayanan keperawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan kerja perawat diruang rawat inap RSUD dr.H Soewondo Kendal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat yang bertugas di ruang rawat inap yaitu sebanyak 144 perawat. Kemudian sample diambil sebanyak 59 perawat menggunakan metode Rao. Analisa data menggunakan pendekatan Importance Performance Analysis (IPA). Selanjutnya data akan ditampilkan dalam diagram kartesius dalam untuk mengetahui seberapa penting faktor tersebut dalam mempengaruhi kepuasan perawat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan kerja perawat diruang rawatinap RSUD dr.H Soewondo Kendal berdasarkan tingkat kesesuaiannya antara harapan dan kenyatan yang diterima dari faktor pendapatan 85,48%, kondisi kerja 87,24%, kepemimpinan 94,,43%, hubungan dengan teman sekerja 100,72%, supervisi97,14%, prestasi 93,15%, pengakuan 95,24%, pekerjaan itu sendiri 94,81%, tanggungjawab 100%, pengembangan potensi 90,84%, kesempatan promosi 87,82%. Dari diagram kartesius jumlah item pernyataan yang paling banyak masuk pada kuadran B yaitu sebanyak 37 item, 18 item pada kuadran C, 10 item pada kuadran A dan 10 item pada kuadran D. Saran yang dapat direkomendasikan adalah dalam mengelola kepuasan kerja perawat pelaksana hendaknya pihak manajemen mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, memberikan umpan balik yang positif, melakukan kajian SOP yang lebih sesuai dengan keadaan saat ini, menambah jumlah perawat, serta mampu memperbaiki sistem penjenjangan karir. Kata Kunci: perawat, kepuasan, Importance Performance Analysis

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:33494
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:14 Feb 2012 14:11
Last Modified:14 Feb 2012 14:11

Repository Staff Only: item control page