ANALISIS PERFORMANSI UNIT RAWAT JALAN R.S. TELOGOREJO SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI KOMPUTER

ARVIANTO, ARY (2002) ANALISIS PERFORMANSI UNIT RAWAT JALAN R.S. TELOGOREJO SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI KOMPUTER. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK Sistem pelayanan rumah sakit akan melibatkan interaksi antara pasien, fasilitas pelayanan dan server sebagai entitas yang dapat membentuk suatu sistem antrian, yang tujuannya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Fluktuasi kedatangan pasien merupakan hal yang tidak dapat diperkirakan, sehingga dapat berpengaruh terhadap kondisi pelayanan suatu fasilitas kesehatan seperti rumah sakit. Kemampuan sistem pelayanan (antrian) untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan baik menjadi hal yang sangat penting. Nilai-nilai yang menjadi parameter suatu sistem pelayanan (antrian) dapat menggambarkan kondisi pelayanan atau sistem antrian yang ada. Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Telogorejo Semarang yang dipandang sebagai suatu sistem pelayanan kesehatan, mempunyai serangkaian urutan pelayanan yang harus dilalui pasien. Dengan banyaknya fasilitas pelayanan yang ditawarkan oleh pihak rumah sakit dan pengaruh kedatangan pasien yang tidak dapat diperkirakan, ternyata banyak fasilitas pelayanan yang berada pada kondisi idle. Tetapi juga terdapat fasilitas pelayanan yang sering mengakibatkan antrian pasien yang panjang. Ketidakefisienan suatu fasilitas pelayanan dapat dieliminer dan diubah menjadi suatu kondisi yang optimal. Simulasi merupakan bentuk representasi dari suatu sistem nyata yang berjalan pada rentang waktu tertentu. Pada penelitian ini simulasi digunakan untuk merepresentasikan sistem antrian. Pada sistem antrian digunakan tiga parameter yaitu rata-rata panjang antrian, rata-rata waktu tunggu dan utilisasi. Ketiga parameter tersebut akan diprioritaskan sesuai dengan kondisi sistem yang ada. Ketiga parameter ini digunakan untuk mendapatkan suatu model alternatif yang akan dirancang. Model alternatif yang telah dirancang kemudian akan diterjemahkan ke dalam pemrograman simulasi. Teknik simulasi yang digunakan dalam penelitian ini Adalah simulasi komputer dengan menggunakan Extend V.4.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : simulasi, sistem antrian, rata-rata panjang antrian, rata-rata waktu tunggu, utilisasi.
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33477
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:14 Feb 2012 11:15
Last Modified:14 Feb 2012 11:15

Repository Staff Only: item control page