PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK MONITORING DEPARTEMEN PEMASARAN DAN PRODUKSI (Studi Kasus di PT. PISMA PUTRA TEXTILE)

WIDIATMOKO, ARIYADI (2002) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK MONITORING DEPARTEMEN PEMASARAN DAN PRODUKSI (Studi Kasus di PT. PISMA PUTRA TEXTILE). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

ABSTRAKSI PT. Pisma Putra Textile (yang kemudian disingkat PT. PPT) telah memiliki sistem informasi terpadu berbasis komputer yang secara on-line terhubung pada bagian keuangan, gudang, pembelian, dan pemasaran. Pada sistem informasi yang telah ada, masing-masing bagian yang terhubung dengan sistem informasi tersebut dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan secara langsung sehingga mempercepat kinerja perusahaan. Selain dengan sistem informasi yang telah terkomputerisasi, perusahaan juga masih menggunakan sistem informasi dengan menggunakan formulir-formulir yang dicetak menggunakan komputer. Untuk menghadapi perkembangan dan persaingan yang meningkat penyampaian informasi harus dilakukan secara cepat, tepat, dan efektif. Dengan Sistem Informasi yang ada sekarang, ternyata masih ada satu bagian penting yang masih belun terhubung sistem informasi yang ada secara terkomputrisasi manajer. Sedangkan yang ada sekarang penyampaian informasi pada pihak manajer belum efektif karenamasih menggunakan sistem manual. Dalam hal ini Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis komputer dapat merupakan alat bantu yang tepat untuk pihak manajer. Dengan bentuk SIM ini diharapkan akan membantu dan memudahkan pihak manajer dalam mendapatkan informasi. Pada PT. PPT terdapat dua manajer yang masing-masing membawahi sebuah departemen. Dari dua departemen di atas pengembangan sistem informasi eksekutif yang akan dilakukan peneliti akan memfokuskan pada departemen pemasaran dan produksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan SIM berbasis komputer dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) untuk dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pihak eksekutif berdasarkan data yang didapat secara cepat dan akurat. Untuk analisa dilakukan menggunakan IDEFø. Dengan hasil akhir berupa program untuk manajer. Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen untuk manajer, Departemen Pemasaran

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:dan Produksi, System Development Life Cycle (SDLC), IDEFø
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33474
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Feb 2012 10:57
Last Modified:14 Feb 2012 10:57

Repository Staff Only: item control page