USULAN PERBAIKAN KUALITAS UNTUK MENGATASI PROBLEM FINE BORING LONGGAR PADA DIVISI CRANK CASE PT YAMAHA INDONESIA MOTOR MANUFAKTURING

HESTU WIBISONO, ARIO (2002) USULAN PERBAIKAN KUALITAS UNTUK MENGATASI PROBLEM FINE BORING LONGGAR PADA DIVISI CRANK CASE PT YAMAHA INDONESIA MOTOR MANUFAKTURING. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

ABSTRAK Kualitas merupakan faktor dasar keputusan konsumen dalam banyak produk dan jasa, dan hal ini meluas tanpa membedakan konsumennya. Untuk itu, adanya pengendalian ataupun peningkatan kualitas suatu produk atau jasa merupakan hal yang tak dapat dihindari dalam suatu proses produksi. Divisi Crank Case merupakan divisi machining yang menyuplai output produksinya langsung ke lini perakitan mesin (Machine Assy). Permasalahan yang terdapat pada divisi ini adalah cacat fine boring longgar pada proses fine boring yang mengakibatkan banyaknya jumlah part material yang direject serta komplain dari pihak Jepang terhadap kualitas proses fine boring tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu usulan perbaikan untuk mengatasi komplain dari pihak Jepang yang diakibatkan oleh kualitas ekspor fine boring dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufakturing yang buruk/ di bawah standar, dan juga untuk menurunkan frekuensi serta jumlah kasus terjadinya cacat fine bering longgar yang kian bulan makin meningkat. Alat yang digunakan untuk tujuan tersebut adalah kuesioner serta analisa seven tools. Data-data yang digunakan dalam pembangunan usulan perbaikan adalah data penilaian yang terdapat pada kuesioner serta hasil dari wawancara yang dilakukan. Berdasarkan hasil kuesioner yang diajukan selanjutnya dilakukan analisis terhadap faktor-faktor penyebab yang dapat dijadikan dasar bagi langkah perbaikan. Dari hasil analisa tersebut terdapat beberapa alternative perbaikan yang ditawarkan, antara lain adalah dengan pemeriksaan part (QC) on line pada jalur produksi, penempatan mesin foto mikroskopik di QC, melakukan test proses 2 tahap, melakukan setting di tool shop, pembersihan ATC magazine, dan proses heat treatment.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : Setting, Scrap, Tool Holder, Material, Heat Treatmant
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33472
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Feb 2012 10:42
Last Modified:14 Feb 2012 10:42

Repository Staff Only: item control page