USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PADA LINI PERAKITAN INLET MANIFOLD UPPER DI PT. WIJAYA KARYA INTRADE

MARWANSYAH, ANDRIE (2002) USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PADA LINI PERAKITAN INLET MANIFOLD UPPER DI PT. WIJAYA KARYA INTRADE. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAKSI PT. WIJAYA KARYA INTRADE (WIKA Intrade), salah satu anak perusahaan dari PT WIJAYA KARYA, merupakan perusahaan yang baru berkembang selama lebih kurang 3 tahun dan bergerak di bidang industri manufaktur di mana perusahaan ini membuat dan merakit komponen-komponen otomotif. Walaupun saat ini sistem kerja pada bagian perakitan mampu memenuhi target produksi yang diinginkan pihak perusahaan, namun dari telaah metode yang dilakukan memperlihatkan sistem kerja yang kurang efektif dan efisien terutama ditunjukkkan pada aktivitas-aktivitas operasional yang diperlukan dalam proses perakitan Inlet Manifold Upper. Dari permasalahan yang ada maka sangat perlu dilakukan perbaikan pada sistem kerja tersebut dengan menerapkan aspek-aspek anthopometri dalam perancangan fasilitas kerja dan melakukan analisis metode kerja selama proses perakitan. Berdasarkan stasiun kerja rancangan yang telah dibuat, performansi kerja operator dapat dihitung dengan menerapkan metode pengukuran kerja secara tidak langsung yaitu metode Predetermined Motion Time Study (PDTS). Hasil perbaikan terhadap fasilitas kerja, metode kerja, dan pola aliran material serta layout fasilitas kerja pada lini perakitan maka total cycle time dikurangi sebesar 19% dan output perakitan dapat ditingkatkan sebesar 92,5% dari output sebelumnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : metode kerja, anthopometri, peta tangan kanan dan peta tangan kiri, Predetermined Motion Time Study (PDTS).
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33467
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Feb 2012 10:21
Last Modified:14 Feb 2012 10:21

Repository Staff Only: item control page