Perubahan Kandungan Ammonia, Nitrit dan Nitrat Dalam Air Tambak Pada Model Budidaya Udang Windu Dengan Rumput Laut Sargassum plagyophyllum dan Ekstraknya

izzati, munifatul Perubahan Kandungan Ammonia, Nitrit dan Nitrat Dalam Air Tambak Pada Model Budidaya Udang Windu Dengan Rumput Laut Sargassum plagyophyllum dan Ekstraknya. BIOMA .

[img]
Preview
PDF
359Kb

Abstract

Salah satu masalah penyebab kegagalan dalam budidaya udang windu adalah tingginya limbah organic akibat sisa pakan yang tidak dikonsumsi. Akumulasi sisa pakan yang sebagian besar komponenya protein ini telah mengakibatkan meningkatnya konsentrasi ammonia, nitrit dan nitrat dalam air tambak. Ammonia dan nitrit merupakan bahan kimia yang dapat meracuni udang yang dibudidayakan. Model budidaya ganda udang dengan rumput laut merupakan salah satu teknik untuk menurunkan kandungan ammonia, nitrit dan nitrat dalam air tambak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penurunan kandungan ammonia, nitrit dan nitrat dalam air tambak pada model budidaya udang dengan rumput laut Sargassum plagyophyllum dan ekstraknya. Penambahan ekstrak Sargassum ini diharapkan dapat menurunkan pertumbuhan bakteri pathogen, sebagaimana sifat antibakteri pada ekstrak tersebut. Model budidaya udang tanpa rumput laut maupun ekstrak digunakan sebagai kontrol. Rancangan penelitian ini adalah acak lengkap (RAL), dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan. Data yang diperoleh diolah dengan ANOVA faktor tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model budidaya udang dengan Sargassum dapat menurunkan ammonia dan nitrit hanya sampai dengan usia pemeliharaan 8 minggu. Lebih dari usia pemeliharaan tersebut, kandungan ammonia dan nitrit justru meningkat. Hal ini disebabkan karena Sargassum yang digunakan mengalami kematian akibat turunnya hujan pada minggu ke-10. Penambahan ekstrak Sargassum tidak menimbulkan perbedaan kandungan ammonia, nitrit dan nitrat apabila dibandingakan dengan kontrol.

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:UNDIP Journal > BIOMA
ID Code:33451
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Feb 2012 15:16
Last Modified:13 Feb 2012 15:16

Repository Staff Only: item control page