EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT SURAKARTA (PKMS) GOLD DALAM ASPEK MANAJEMEN KEPESERTAAN DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2008-2010

YULININGSIH, DWI (2011) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT SURAKARTA (PKMS) GOLD DALAM ASPEK MANAJEMEN KEPESERTAAN DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2008-2010. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kebijakan Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) Gold merupakan kebijakan Pemerintah Daerah Surakarta dalam hal pembiayaan kesehatan. Program PKMS merupakan sebuah cara yang digunakan Pemda Surakarta untuk meningkatkan akses layanan kesehatan masyarakat Surakarta, khususnya masyarakat miskin di Kota Surakarta terhadap pelayanan kesehatan yang ada di Kota Surakarta. Namun, sejak kebijakan program PKMS Gold ini dikeluarkan tahun 2008, jumlah pasti warga miskin yang harus memiliki kartu PKMS Gold belum jelas, sehingga mengakibatkan peningkatan jumlah pemilik kartu yang meningkat hamper 100% setiap tahunnya. Pengelolaan manajemen kepesertaan yang baik merupakan kunci kesuksesan suatu program jaminan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengelolaan manajemen kepesertaan program PKMS Gold di Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan utama penelitian ini adalah UPTD PKMS Dinkes Kota Surakarta dan informan triangulasi adalah staf Kelurahan Timuran beserta Ketua RT, dan Ketua RW, staf Kelurahan Kadipiro beserta Ketua RT, dan Ketua RW di Kota Surakarta. Dari Hasil penelitian updating data peserta PKMS Gold hanya dilakukan ketika peserta aktif untuk melakukan perpanjangan masa berlaku kartu, sehingga keaktifan peserta berpengaruh besar. Terdapatnya 5 poin dalam kriteria BPS yang sudah tidak tepat di Surakarta menjadikan kendala dalam penentuan miskin. Olehkarenanya, UPTD PKMS menilai miskin berdasar penghasilan. Banyaknya jumlah peserta menjadikan kendala bagi UPTD untuk melakukan updating secara keseluruhan peserta. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menyarankan agar Pemda membuat SK Walikota untuk criteria miskin, dan UPTD PKMS melakukan updating data keseluruhan peserta PKMS Gold setiap tahunnya dengan mengoptimalkan koordinasi dengan stakeholders dari sektor pemerintah, swasta, dan masyarakat. Kata Kunci: Evaluasi Pelaksanaan Program, Manajemen Kepesertaan, Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:33442
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:13 Feb 2012 14:29
Last Modified:13 Feb 2012 14:29

Repository Staff Only: item control page