PERANCANGAN ULANG PRODUK TV BRACKET DALAM RANGKA PENGHEMATAN BIAYA DAN PENINGKATAN NILAI PRODUK DENGAN METODE REKAYASA NILAI ( VALUE ENGUNEERING) (Studi Kasus di PT Mega Andalan Kalasan Yogyakarta )

PAMUNGKAS ANUROGO, RISANG (2002) PERANCANGAN ULANG PRODUK TV BRACKET DALAM RANGKA PENGHEMATAN BIAYA DAN PENINGKATAN NILAI PRODUK DENGAN METODE REKAYASA NILAI ( VALUE ENGUNEERING) (Studi Kasus di PT Mega Andalan Kalasan Yogyakarta ). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dalam dunia bisnis sekarang ini, pengembangan produk mempunyai waktu siklus yang semakin pendek. Tiap badan usaha berkompetisi dalam memenangkan persaingan tersebut. Strategi diterapkan perusahaan baik secara internal maupun eksternal. Penurunan biaya produk dapat dijadikan salah satu strategi dalam kompetisi di dunia usaha dengan tidak mengurangi mutu tersebut. Pengurangan biaya (cost reduction) dengan menggunakan metode rekayasa nilai (value engineering) banyak digunakan oleh perusahaan. Metode ini menganalisa fungsifungsi produk dan menentukan nilai indek dari produk tersebut. Indek tersebut merupakan perbandingan antara kepentingan produk dan biaya yang dikeluarkan oleh produk tersebut. Nilai indek yang rendah dan fungsi yang tidak memberikan nilai tambah perlu diperhatikan untuk diperbaiki/dikembangkan. Penelitian yang dilakukan terhadap disain produk TV Bracket di PT MAK bertujuan untuk mengidentifikasi nilai indek dari komponen produk, mengeliminasi komponen/fungsi yang tidak memberikan nilai tambah produk, melakukan penghematan terhadap biaya produk dengan membuat disain produk pengganti / baru. Produk TV Bracket yang sedang dikembangkan oleh PT MAK terdapat beberapa komponen ysng mempunyai nilai indek rendah antara lain cover bawah penyangga, cable trim, table, sahft pipe, primary bottom arm, top wall cover, dan bottom wall cover. Produk yang diusulakn sebagai pengganti produk TV Bracket awal mempunyai biaya yang lebih rendah dengan penghematan sebesar Rp 11.019,00 atau 29,89%, jumlah komponen berkurang 44,4%, waktu pengerjaan berkurang 10,4%, selain itu dilihat dari prinsip design for assembly (DFA) mempunyai kemudahan dalam perakitan lebih baik dari produk awal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Disain Produk, Rekayasa nilai, Cost Reduction, design For Assembly (DFA)
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33440
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Feb 2012 15:05
Last Modified:13 Feb 2012 15:05

Repository Staff Only: item control page