PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENJADWALAN PRODUKSI BERDASARKAN KARAKTERISTIK PROSES PADA DIVISI PRODUKSI PT. SEMARANG MAKMUR

CAHYO DWI NUGROHO, NUR (2002) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENJADWALAN PRODUKSI BERDASARKAN KARAKTERISTIK PROSES PADA DIVISI PRODUKSI PT. SEMARANG MAKMUR. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK PT Semarang Makmur adalah perusahaan dengan fasilitas PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) yang bergerak di bidang industri baja lembaran lapis seng dengan merk dagang “KING ELEPHANT”. Perusahaan ini memiliki dua tipe produksi yaitu regular dan non regular. Sebagai perusahaan dengan proses produksi berupa proses kikia, PT. Semarang Makmur memiliki prosedur standar dalam melakukan penjadwalan produksi. Standar operasi ini diterapkan untuk menjaga kualitas dari seng yang dihasilkan. Permasalahan yang etrjadi pada PT Semarang Makmur adalah pengambil keputusan, yaitu nmanajer produksi, belum bias memanfaatkan informasi kapasitas actual mesin pada lantai produksi. Akibatnya sering terjadi penolakan yang tidak perlu terhadap order masuk. Dan sering pula menerima order yang seharusnya ditolak, sehingga terjadi keterlambatan produksi. Untuk memecahkan masalah pada PT. Semarang Makmur, perlu dirancang suatu system pendukung keputusan untuk penjadwalan produksi. System pendukung keputusan ini diharapkan mampu menjawab permasalahan yang dihadapi oleh divisi produksi dalam mengambil keputusan menerima atau menolak order yang masuk, yang disesuaikan dengan kapasitas mesin actual pada lantai produksi. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penjadwalan Produksi ini dapat memberikan alternatif-alternatif penerimaan order berdasarkan faktor-faktor yang terlibat dalam penerimaan dan penolakan order, sehingga didapatkan penerimaan order yang terbaik. Di samping itu, untuk mereduksi kesalahan penjadwalan, perancangan SPK ini memberikan fasilitas penjadwalan produksi secara otomatis berdasarkan karakteristik proses.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Sistem pendukung Keputuasn, Keputusan Terbaik, Kapasitas Mesin, Order, Penjadwalan
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33437
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:13 Feb 2012 14:04
Last Modified:13 Feb 2012 14:04

Repository Staff Only: item control page