PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA UNTUK MEMBANTU PROSES PENJADWALAN PRODUKSI PADA DEPARTEMEN LOOM – WEAVING 4, DIVISI DENIM (Studi Kasus di PT Apac Inti Corpora)

SUHALIM, MONIKA (2002) PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA UNTUK MEMBANTU PROSES PENJADWALAN PRODUKSI PADA DEPARTEMEN LOOM – WEAVING 4, DIVISI DENIM (Studi Kasus di PT Apac Inti Corpora). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAKSI Penjadwalan produksi dalam suatu organisasi industri merupakan proses yang memegang peranan penting khususnya dalam level operasional. Untuk tercapinya penjadwalan produksi yangbaik, tentunya harus didukung oleh tersedianya data-data yang membantu kelancaran proses penjadwalan produksi. PT Apac Inti Corpora adalah sebuah perusahaan tekstil terintegrasi (dengan produk-produknya : yam, kain grey, kain denim). Dalam penelitian ini, sebagai obyek penelitian adalah Departemen Loom (tenun pada Weaving 4 – divisi Denim, PT Apac Inti Corpora, khususnya pada Departemen PPC yang bertanggung jawab atas penjadwalan produksi di Departemen Loom. Dalam menjalankan fungsinya sebagai perencana dan pengendali produksi di Departemen Loom – Weaving 4, Departemen PPC perlu menyediakan informasi-informasi yang akurat dan aktual kepada bagian marketing yang ditujukan untuk memberikan suatu dasar pengambilan keputusan bagi Marketing dalam menerima atau menolak suatu order dan menginformasikan kepada pemesan mengenai status pengerjaan order. Departemen PPC juga menyediakan informasi kepada bagian Produksi Departemen Loom mengenai pelaksanaan produksi order-order dari pembeli. Dalam usaha menyediakan informasi-informasi yang cepat, akurat dan aktual, Departemen PPC pada Weaving 4 membutuhkan suatu sistem basis data yang akan memudahkan dirinya dalam melaksanakan fungsinyabaik kepada bagian Marketing maupun kepada bagian Produksi Departemen loom Weaving 4. sistem basis data yang dirancang dalam penelitian ini menyediakan bantuan bagi Departemen PPC dalam pengarsipan data order, pelaporan perkembangan produksi, dan perevisian rencana produksi oleh karena adanya order tambahan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Sistem Basis Data, Penjadwalan Produksi
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33429
Deposited By:Mr/Ms teknik industri
Deposited On:13 Feb 2012 13:29
Last Modified:06 May 2013 19:17

Repository Staff Only: item control page