PERANCANGAN MACHINE CELL UNTUK PRODUKSI KOMPONEN TRUK PERKASA PADA DEPARTEMEN MACHINE SHOP DI PT. TEXMACO PERKASA ENGINEERING KALIWUNGU

HENDRO HENDRO, HENDRO (2002) PERANCANGAN MACHINE CELL UNTUK PRODUKSI KOMPONEN TRUK PERKASA PADA DEPARTEMEN MACHINE SHOP DI PT. TEXMACO PERKASA ENGINEERING KALIWUNGU. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
7Kb

Abstract

ABSTRAKSI Dalam proses produksi suatu perusahaan manufaktur sudah tentu memerlukan fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk mengubah suatu material/bahan baku menjadi suatu produk/bahan jadi. Fasilitas tersebut dapat berupa mesin (machine), alat Bantu (jig and fixture), alat pemindahan bahan (material handling) dan sebagainya. Untuk memperoleh kelancaran proses produksi, maka perlu dilakukan pengaturan tata letak dari fasilitas-fasilitas tersebut. Hal ini menjadi penting terutama untuk produk-produk yang memiliki beberapa tahapan proses produksi (multi-stage process), karena tata letak fasilitas-fasilitas yang ada akan mempengaruhi kelancaran suatu system produksi. Untuk megatur tata letak fasilitas tersebut, dapat didekati melalui beberapa tipe tata letak berdasarkan pada karakteristik system produksi yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Salah satu dari pendekatan tersebut adalah konsep Group Technology, yaitu tipe tata letak yang didasarkan pada pengelompokan produk atau komponen yang akan dibuat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : komponen Wahana (truk perkasa), Group Technology, Rank Order Clustering (ROC), machine cell, part family, facilities lay-out.
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33423
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:13 Feb 2012 13:12
Last Modified:13 Feb 2012 13:12

Repository Staff Only: item control page