ANALISA FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB VARIASI CACAT FISIK KAIN PRINTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISAIN EKSPERIMEN FAKTORIAL DI PT. DAYA MANUGGAL SALATIGA

TRI UTAMI, ELVINA (2002) ANALISA FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB VARIASI CACAT FISIK KAIN PRINTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISAIN EKSPERIMEN FAKTORIAL DI PT. DAYA MANUGGAL SALATIGA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAKSI PT Daya Manuggal merupakan suatu industri tekstil dimana salah satu produknya adalah kain motif yang dihasilkan oleh Departemen Printing. Permasalahan yang ada adlah bahwa rata-rata produk tidak standar yang dihasilkan tiap bulan adalah sebesar 8,03% dari total produksi. Permasalahan kualitas fisik yang kritis bagi produk kain motif adalah cacat fisik penyebab terjadinya produk tidak standar. Berangakt dari permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu usaha untuk meminimalkan penyebab ketidaksesuaian dalam kualitas kain motif agar produk tidak standar yang dihasilkan dapat seminimal mungkin. Metode yang digunakan untuk menganalisa factor-faktor yang berpengaruh terhadap presentase produk tidak standar adalah metode disain eksperimen. Metode disain eksperimen merupakan pengujian atau serangkaian pengujian yang bertujuan untuk melakukan perubahan terhadap variablevariabel input dari proses/system sehingga dapat meneliti dan mengidentifikasi sebab perubahan dari output. Sedangkan disain yang digunakan adalah disain factorial. Faktor- factor yang akn dijadikan input dalam pengolahan data adalah factor produksi yang mendukung proses printing, dimana berdasarkan pengamatan langsung dan wawancara dengan pihak terkail, perbedaan taraf factor- factor tersebut menyebabkan terjadinya variasi timbulnya cacat pada kain motif (variable respon). Dalam penelitian, perlakuan yang dilakukan merupakan interaksi antara factor- factor tersebut. Factor- factor tersebut meliputi bahan baku, mesin dan peralatan, metoda serta tenaga kerja. Berdasarkan ANOVA, factor dan taraf yang memiliki rataan dan variansi terbesar terhadap presentase produk tidak standar adalah :jenis kain-TC (blobor); jenis mesin- Zimmer (tak cap);jumlah screen-banyak,kecepatan mesin-40 yard/menit (motif meleset); regu kerja-regu I (Zimmer dan Stork), shift kerja-malam (Stork)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : factorial, variable respon, factor, taraf factor, ANOVA
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33418
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Feb 2012 12:34
Last Modified:13 Feb 2012 12:34

Repository Staff Only: item control page