PENGUKURAN DAN EVALUASI PRODUKTIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PRODUKTIVITAS TOTAL PADA CV. AMANDA GUMULUNG SEJAHTERA JAKARTA

WICAKSONO, DANANJAYA (2002) PENGUKURAN DAN EVALUASI PRODUKTIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PRODUKTIVITAS TOTAL PADA CV. AMANDA GUMULUNG SEJAHTERA JAKARTA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAKSI CV. Amanda Gumulung Sejahtera adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidangproduksi dan perdagangan. Selama ini, perusahaan hanya melihat ukuran “nilai proyek” untuk menilai apakah perusahaantelah berjalan dengan baik atau sebaiknya. Persepsi tersebut mengakibatkan perusahaan kurang memperhatikan efisiensi penggunaan sumber daya (input) yang dimilikinya, sehingga pwerusahaan harus mengeluarkan biaya yang besar untuk melaksanakan aktivitas perusahaan sehari-hari. Pada penelitian kali ini akan dibahas mengenai pengukuran dan evaluasi tingkat produktivitas perusahaan serta hubungan antara tingkat produktivitas dengan tingkat profitabilitas (kemampuan menciptakan laba) yang dapat dicapai oleh perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada tahun 2001,perusahaan mempunyai produktivitas yang tinggi relative jika dibandingkan dengan tahun 2000 kecuali untuk produktivitas lain-lain, dengan besar peningkatannya adalah 5,4% - 90,4%. Selain itu, didapatkan pula nilai (TPF)>(TPF)BE, sehingga dapat dikatakan perusahaan berhasil memperoleh keuntungan (laba) pada kedua periode pengukuran, yaitu tahun 2000 dan 2001 (dari laporan rugi laba dinyatakan bahwa laba pada tahun 2000 sebesar Rp 54.444.325,- dan tahun 2001 sebesar Rp 77.721.542,-) Namun, pada tahun 2001, perusahaan mempunyai tingkat profitabilitas yang rendah relative jika dibandingkan dengan tingkat suku bunga kredit yang berlaku. Hal ini ditunjukkan dari nilai rasio laba terhadap penjualan dan return on assets.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : pengukuran dan evaluasi produktivitas, TPM, profitabilitas
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33417
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:13 Feb 2012 12:30
Last Modified:13 Feb 2012 12:30

Repository Staff Only: item control page