ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KAWASAN TANPA ROKOK PADA PENGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA PEKALONAGAN

WULANDARI, WIDYAWATI (2011) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KAWASAN TANPA ROKOK PADA PENGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA PEKALONAGAN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kawasan tanpa Rokok adalah tempat dimana orang tidak diperbolehkan untuk merokok di area tersebut, diantaranya diri umum, tempat kerja, tempat tranportasi, tempat bermain, tempat ibadah, tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan kawasan tanpa rokok pada pengawai negeri sipil di lingkungan pemkot pekalongan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, dengan mengunakan wawancara mendalam guna mengetahui informasi sedalam-dalamnya dan mengertian seluas-luasnyaa agar penelitian mengetahui arah mana kebijakan tersebut. Subjek penelitian ini adalah pengawai negeri sipil yang bekerja di lingkungan pemkot pekalongan, sedangkan objek penelitian ini tempat adalah tempat dimana yang tidaak memperbolehkan untuk menrokok di tempat tersebut. Informan utama terdiri dari 4 orang yaitu dari pihak RSUD, Puskesmas, dan 2 kecamatan, sedangkan untuk informan triangulasinya ada 2 orang yang sendiri dari pihak Dinkes, dan PNS yang masih merokok di lingkungan tempat kerjanya. Hasil penelitian menunjukaan bahwa implementasi kebijakan kawasan tanpa rokok di lingkungan pemkot pekalongan masih belum berjalan dengan maksimal, hal ini dikarenakan kebijakaan ini masih dalam taraf sosialisasi dan himbauan saja dan untuk sangsinya juga belum ada sehingga masih terlihat banyak nya PNS yang merokok di sembarang tempat padahal kenyataannya sudah banyak didirikan ssmoking area haampir semuanyaa aada smoking area, tetapi belum maksimal pemanfaatannya. Kendala yang dihadapi di lokasi penelitian ini sebenarnya tidak begitu mencolok akan tetapi kenyataannya bahwa kebijakan tersebut belum bisa maksimaal dalam pemanfaatannya. Padahal cita-cita pemkot pekalongan adalah ingin menjadikan pemkot pekalongan kota yang bebas dari asap semoga saji untuk kedepannya pemkot kota pekalongan sendiri akan mampu mengubah yang ada di pemkot pekalongan akan sedikit demi sedikit merubah kebiasaan merokok menjadi stop merokok. Kata Kunci: komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrosi, implementasi kebijakan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:33396
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Feb 2012 10:59
Last Modified:13 Feb 2012 10:59

Repository Staff Only: item control page