PENGARUH EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum) MENGGUNAKAN METODE MASERASI TERHADAP ANGKA FEKUNDITAS LALAT RUMAH (Musca domestica)

TINO , RENSAT BASTIAN (2011) PENGARUH EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum) MENGGUNAKAN METODE MASERASI TERHADAP ANGKA FEKUNDITAS LALAT RUMAH (Musca domestica). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Lalat rumah merupakan jenis insekta yang dalam perkembangbiakannya sangat cepat dan dapat menularkan kurang lebih 100 jenis penyakit serta mengganggu ketentraman manusia. Kandungan utama daun tembakau adalah nikotin, berpotensi untuk dijadikan sebagai insektisida alami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun tembakau menggunakan metode maserasi terhadap angka fekunditas, lama hidup, dan angka kematian lalat rumah. penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian post test only control group desgn. Metode penelitian menggunakan berupa ekstrak daun tembakau dengan 4 konsentrasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak daun tembakau menggunakan metode maserasi dapat mempengaruhi angka fekunditas, lama hidup dan angka kematian lalat rumah. Konsentrasi efektif adalah 18% dengan angka fekunditas 52,16 telur dibanding dengan kontrol 106,25 telur, lama hidup sampai hari keenam, angka kematian rata-rata 11,7 ekor dibanding dengan kontrol 0,7 ekor. hasil uji statistik Anova diperoleh nilai p angka fekunditas sebesar 0,0001 dan nilai p angka kematian sebesar 0,0001, yang menyatakan ada perbedaan angka fekunditas dan angka kematian lalat antara perlakuan dengan kontrol. kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi konsentrasi ekstrak daun tembakau, maka semakin sedikit angka fekunditas, semakin pendek lama hidup dan semakin tinggi angka kematian lalat rumah. perlu penelitian lanjutan tentang pengaruh ekstrak daun tembakau menggunakan metode maserasi pada stadium telur, larva, pupa dan untuk dewasa dengan konsentrasi lebih tinggi. Kata Kunci: Kata kunci : lalat rumah, ekstrak daun tembakau, angka fekunditas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:33378
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:13 Feb 2012 09:15
Last Modified:13 Feb 2012 09:15

Repository Staff Only: item control page