SKRINING BAKTERI SIMBION KARANG LUNAKSARCHOPYTON SP. DARI PERAIRAN TANJUNG GELAM KARIMUNJAWA YANG MEMILIKI AKTIVITAS ANTIBAKTERI TERHADAP ESCHERICHIA COLI DAN PROTEUS SP.

Hartanti, Sri (2011) SKRINING BAKTERI SIMBION KARANG LUNAKSARCHOPYTON SP. DARI PERAIRAN TANJUNG GELAM KARIMUNJAWA YANG MEMILIKI AKTIVITAS ANTIBAKTERI TERHADAP ESCHERICHIA COLI DAN PROTEUS SP. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pengobatan yang tidak selektif, kombinasi obat yang tidak adekuat, penggunaan antibioti dalam jangka panjang dan semakin meningkat akan meningkatkan resistensi dari bakteri patogen yang berkembang menjadi strain Multi Drugs Resistant (MDR). Karang lunak menghasilkan metabolit sekunder yang dapat menghambat atau membunuh bakteri patogen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengisolasi dan mengidentifikasi bakteri yang bersimbiosis dengan karang lunak Srachopyton sp. yang memiliki aktivitas anti bakteri terhadap Escherichia coli dan Proteus sp. secara molekuler berbasis PCR 16S rDNA. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2010 sampai Maret 2011. Sampling dilakukan dengan menggunakan metode purposif di Perairan Tanjung Gelam, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Metode yang digunakan adalah eksperimen laboratoris. Hasil dari penelitian memperlihatkan ada 25 isolat bakteri yang bersimbiosis dengan karang lunak Sarchopyton sp. dan hanya satu bakteri SCRTG3A1 yang memiliki aktivitas anti bakteri terhadap bakteri MDR Escheichia coli dan Proteus sp. Hasil identifikasi molekuler menunjukan bahwa bakteri isolat dengan kode SCRTG3A1 tersebut memiliki homologi dengan bakteri Chromohalobacter salexigens dengan nilai homologi sebesar 99%. Kata Kunci: Bakteri simbion, MDR, Antibakteri, Escherichia coli, Proteus sp

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:33293
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 Feb 2012 10:45
Last Modified:09 Feb 2012 10:45

Repository Staff Only: item control page