DESAIN BAHAN DAN PROSES ALTERNATIF RAMAH LINGKUNGAN ( STUDI KASUS PADA PROSES FINISHING MEBEL CV DANY FURNITURE SEMARANG )

ADISTI MAHARANI, DITA (2011) DESAIN BAHAN DAN PROSES ALTERNATIF RAMAH LINGKUNGAN ( STUDI KASUS PADA PROSES FINISHING MEBEL CV DANY FURNITURE SEMARANG ). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
212Kb

Abstract

Abstract Beberapa tahun belakangan ini, dalam kegiatan industri manufacture, masyarakat semakin menyadari pentingnya perlindungan lingkungan dan lebih memberi perhatian kepada lingkungan. Para konsumen ini disebut “responsible consumen” yang mendesak industri untuk memproduksi green product atau mereka tidak akan membeli produk yang dihasilkan produsen. Konsep berkelanjutan (sustainable) menawarkan penyeimbangan antara pemeliharaan kelestarian alam dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang semakin berkembang dimasa depan. CV Dany Furniture berdiri sejak tahun 1988. Dany Furniture merupakan sebuah home industri yang bergerak dibidang manufacture mebelair. CV DANY FURNITURE yang belum menerapkan konsep ramah lingkungan harus melakukan perbaikan dalam kegiatan produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui permasalahan yang terjadi dalam kegiatan produksi, serta melakukan perbaikan dengan mengganti bahan dan melakukan alternatif cara pengerjaan untuk mencapai nilai produk yang lebih efisien tanpa mengubah nilai fungsi maupun bentuk produk dengan menggunakan konsep ”ramah lingkungan ”. Setelah melakukan pengolahan data dan analisa maka dapat diambil kesimpulan bahwa masalah yang terdapat dalam kegiatan proses produksi CV Dany Furniture terletak pada proses finishing, dimana pada bagian proses finishing, pengerjaannya masih menggunakan bahan kimia yang mengandung VOC yang sangat tinggi, sehingga dilakukan alternatif dengan mengganti bahan baku yang lebih sehat dan ramah lingkungan yaitu dengan menggunakan bahan cat dari “ Impra Aqua Wood Finish “ dengan campuran air, yang tidak membahayakan lingkungan dan para pekerja serta pengerjaan finishing waterbased, yang dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu cara semprot / spray gun, atau dengan cara celup.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Keywords :produksi berkelanjutan, industri mebel
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33264
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:08 Feb 2012 15:17
Last Modified:08 Feb 2012 15:17

Repository Staff Only: item control page