ANALISIS TINGKAT KESIAPAN DOSEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN E-LEARNING ( Studi Kasus : Teknik Industri Universitas Diponegoro Semarang )

APRILIANDI PUTRI ARIFIN, RETNO (2011) ANALISIS TINGKAT KESIAPAN DOSEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN E-LEARNING ( Studi Kasus : Teknik Industri Universitas Diponegoro Semarang ). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
124Kb

Abstract

ABSTRAK e-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain (Hartley, 2001). Manfaat e-learning juga dapat dilihat dari dua sudut pandang yang pertama, manfaat bagi siswa Dengan kegiatan e-learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Yang kedua manfaat bagi pengajar dengan adanya kegiatan e-learning manfaat yang diperoleh dosen antara lain adalah bahwa dosen akan lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi, juga dapat dengan efisien mengontrol kegiatan belajar siswanya. Sebagai bagian tak terpisahkan dari sebuah sistem, setelah proses implementasi e-learning, maka tahap berikutnya seharusnya adalah proses evaluasi. Menggunakan analisis kesiapan dosen dalam mengimplementasikan e-learning yang meliputi Principal Leadership,Vision, Planning, and Culture of using ICT in Schools,ICT Infrastructure, Technical Support and the right ICT-competent Personnel/Human Resources. Training Opportunities ,Financial Budget , Personal Preference on using ICT, Individual’s ICT competency, Policy (university Policy), e-learning readiness of stakeholders (students), The Availability of e-Learning Material/Content merupakan salah satu bentuk evaluasi yang komprehensif, demi kemajuan fasilitas e-learning di masa yang akan datang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : e-learning, kesiapan
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33242
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Feb 2012 13:55
Last Modified:08 Feb 2012 13:55

Repository Staff Only: item control page