Dewi Aryani, Roshinta (2011) Makalah Tugas Sarjana ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR BEKAS (Studi Kasus di Bedagan Motor Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 56Kb |
Abstract
ABSTRAK Penurunan omset penjualan dari bulan Agustus hingga Oktober 2009 membuat Dealer sepeda motor bekas Bedagan Motor Semarang ingin mengevaluasi bisnisnya. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung, diketahui bahwa alasan utama pengunjung Bedagan Motor Semarang tidak melakukan pembelian adalah karena produk yang diinginkan tidak tersedia. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk melihat permintaan pasar dan menggunakan informasinya untuk pengelolaan inventori yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor dari produk yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor bekas. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas produk, harga, dan desain produk. Sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian sepeda motor bekas. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2) untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Kemudian dilakukan pembobotan dengan AHP (Analytic Hierarchy Process) untuk variabel-variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk, harga, dan desain produk berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sepeda motor bekas di Bedagan Motor Semarang. Sehingga, ketiga variabel tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam menyeleksi produk-produk sepeda motor pada proses pengadaan. ABSTRACT Selling descent from August until October 2009 made Bedagan Motor Semarang, one of secondhand motorcycle seller in Semarang wants to evaluated the business. Base on the visitor’s questionare, known that the main reason they left Bedagan Motor’s showroom without purchase was because of the product they were looking for, unavailable. So that, this research is done to see the market’s demand and use the informations for a better inventory management. The aim of this research is to identificate the factors from product that influence the secondhand motorcycle purchase decision. Independent variables in this research are product quality, price, and product design. The dependent variable is purchase decision of secondhand motorcycle. This research uses multiple linier regression method with t test, F test, and determination coefficient (R2) to see the influence of independent variables to the dependent variable. The next step is calculating the weight of each variables influenced the purchase decision with AHP (Analytic Hierarchy Process) methode. The conclusions that are made from this research are product quality, price, and product design positif and significantly influence the purchase decision of secondhand motorcycle, even partially or together. Then, the variables can be used as a guide to make a selection before taking inventories.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Regresi Linier Berganda, AHP Keywords: Purchase Decision, Multiple Linier Regression, AHP |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
ID Code: | 33199 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 08 Feb 2012 11:13 |
Last Modified: | 08 Feb 2012 11:13 |
Repository Staff Only: item control page