PEMILIHAN ALTERNATIF KEPUTUSAN UNTUK KASUS CACAT DISAIN PRODUK DVD PLAYER PRODUKSI PT ARISA MANDIRI PRATAMA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN VALUE ENGINEERING

NAWANTO, SANI (2011) PEMILIHAN ALTERNATIF KEPUTUSAN UNTUK KASUS CACAT DISAIN PRODUK DVD PLAYER PRODUKSI PT ARISA MANDIRI PRATAMA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN VALUE ENGINEERING. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
7Kb

Abstract

ABSTRAK Pada penelitian ini permasalahan yang akan dianalisa terkait kesalahan pada proses desain dan dampaknya bagi perusahaan pada produk DVD player Serie 10, buatan PT. Arisa Mandiri Pratama yang mulai diluncurkan ke pasaran pada Desember 2009, produk DVD Serie 10 ini merupakan model baru untuk PT A M Pratama, produk ini pada awal peluncuran kepasaran digunakan untuk mengetahui respon dari pasar dan untuk mengetahui lebih dulu kemampuan operasi produk, bila ada kesalahan akan dilakukan perbaikan pada produk yang akan diproduksi selanjutnya. Permasalahan yang terjadi Produk DVD player serie 10 adalah kerusakan komponen tombol power dan DVD player yang tiba-tiba berhenti bahkan mati saat digunakan. Masalah terjadi akibat komponen IC EPROM mengalami kerusakan. Untuk menyelesaikan kasus kerusakan ini dipilih metode Value Engineering untuk membantu penyelesaian masalah. Metode Value Engineering dipilih karena metode ini fokus terhadap fungsi dari komponen penyusun produk dan dapat melakukan penilaian secara cepat terhadap fungsi komponen berdasar nilai value dan worth. Nilai value dan worth diperoleh melalui informasi biaya produksi. Penetapan nilai value dan worth berguna untuk menentukan komponen yang digunakan untuk menyusun sebuah produk nantinya. Keputusan yang dipilih adalah mengubah logika EPROM dan menggunakan penarikan Lot besar.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : DVD Player, EPROM, Value Engineering, Value, Worth.
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33196
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:08 Feb 2012 11:15
Last Modified:08 Feb 2012 11:15

Repository Staff Only: item control page