PERBAIKAN DESAIN PRODUK DVD PLAYER “DIVEGA” SERI 5.1 DENGAN MENGGUNAKAN LUCAS DFA METHODS ( Studi Kasus di PT. ARISSAMANDIRI PRATAMA )

H.P, YUDHANANTYO (2011) PERBAIKAN DESAIN PRODUK DVD PLAYER “DIVEGA” SERI 5.1 DENGAN MENGGUNAKAN LUCAS DFA METHODS ( Studi Kasus di PT. ARISSAMANDIRI PRATAMA ). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
102Kb

Abstract

ABSTRAKSI Sekarang ini, semakin banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen dengan cara menciptakan produk dvd player yang berkualitas namun dengan waktu perakitan dan biaya produksi yang seminimal mungkin. Hal ini merupakan salah satu cara dari perusahaan untuk dapat meraih untung sebesar-besarnya dengan tujuan dapat memajukan perusahaan. Untuk dapat mempersingkat waktu dan memangkas biaya perakitan suatu perusahaan melakukan redesign dari produk dvd player yang telah diciptakan, hal ini disebut dengan Design For Assembly (DFA). Sekarang ini telah banyak metode DFA yang disediakan untuk membantu perusahaan melakukan desain ulang dengan cara mengurangi bagian-bagian yang dianggap tidak diperlukan dalam produk dvd player tersebut, metode itu antara lain : The Hitachi Assembly Evaluation Method, The Lucas DFA Method, The Boothroyd Dewhurst DFA Method dan lain-lain. The Lucas DFA Method meliputi penugasan dan penjumlahan faktor yang terkait dengan masalah desain yang potensial meskipun metode Lucas termasuk sebagai penilaian untuk menangani serta penyisipan. Metode Lucas memiliki tujuan untuk mengurangi jumlah bagian dan analisis dari operasi perakitan. Metode ini berdasarkan pada tiga pemisah dan rangkaian analisa, dimana menggambarkan tentang rangkaian perakitan yaitu analisis fungsional, analisis feeding atau manual handling dan analisis fitting. Dan bagian yang terakhir dari metode ini adalah analisis manufaktur yang merupakan perhitungan untuk biaya produksi. Produk dvd player yang dihasilkan oleh The Lucas DFA Method adalah dvd player “DIVEGA” seri 2.1 yang sebelumnya merupakan seri 5.1. perubahan desain ini didasarkan pada analisis metode Lucas yang menentukan target dari masing-masing analisis, yaitu analisis fungsional yang menentukan desain efisiensi awalnya hanya 31% kemudian menjadi 60%, analisis feeding atau manual handling yang awalnya 3,8 menjadi 1,9, analisis fitting yang awalnya 12,0 menjadi 5,8. Dan yang terakhir adalah penurunan biaya produksi yang awalnya Rp. 182.941 menjadi Rp. 166.271.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : The Lucas DFA Method, DFA, redesain dvd player
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33178
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:08 Feb 2012 12:10
Last Modified:08 Feb 2012 12:10

Repository Staff Only: item control page