KEMAMPUAN ENCENG GONDOK (EICHORNIA CRASSIPES (MART) SOLM) DALAM MENURUNKAN KADAR KADMIUM (Cd)PADA LIMBAH RENDAMAN KERANG

WIDIASTUTI, TYAS (2011) KEMAMPUAN ENCENG GONDOK (EICHORNIA CRASSIPES (MART) SOLM) DALAM MENURUNKAN KADAR KADMIUM (Cd)PADA LIMBAH RENDAMAN KERANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Limbah yang digunakan yaitu limbah cair hasil dari penelitian mahasiswa dalam menurunkan kandungan logam pada biota laut misalnya ikan dan kerang. limbah cait yang dihasilkan mengandung logam berat kadmium melebihi baku mutu menurut KepMenLH No 51 tahun 1995 sebesar 0,05 mg/L. Fitoremediasi yaitu pengolahan limbah menggunakan tanaman air. tanaman air yang digunakan dalam penelitian ini adalah enceng gondok (Eichornia crassipes (Mart)Solm). Tujuan penelitian ini secara umum mengetahui kemampuan tanaman enceng gondokdalam penurunan kadar logam berat kadmium pada limbah. dalam penelitian ini digunakan enceng gondok dengan kepadatan 250 gram dalam 1 liter limbah dengan variasi waktu 1-5 hari. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimendengan rancangan penelitian postest-only control group design. replikasi sebanyak 5 akli dan analisis menggunakan uji shapiro wilk dan kruscal walis. ahsil penelitian menunjukan bahwa tanaman enceng gondok selama 12-5 hari mampu menurunkan kadar logam kadmium. kadar kadmium rata-rata kontrol 0,250 mg/L. Rata-rata kadar kadmium setelah perlakuan dengan enceng gondok selama 1-5 hari berturut-turut 0,151 mg/L; 0,130 mg/L; 0,127 mg/L; 0,106 mg/L dan 0,1 mg/L. Hasil analisis dengan uji shapiro wilk diperoleh nilai probabilitas < 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. hal ini menunjukkan data tidak berdistribusi normal, sehingga digunakan uji kruscal walis. hasil analisi dengan uji kruscal walis. Hasil analisis dengan uji kruscal walis pada limbah diperoleh nilai probabilitas <0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini berarti terdapat perbedaan bermakna kadar kadmium limbah setelah perlakuan dengan variasi waktu 1-5 hari. Penelitian ini masih perlu dilanjutkan untuk mengetahui kemampuan enceng gondok dalam menurunkan kandungan logam berat lain pada limbah dikombinasikan dengan pengolahan limbah lainnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:33146
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Feb 2012 14:09
Last Modified:07 Feb 2012 14:09

Repository Staff Only: item control page