PENERAPAN GREEN PRODUCTIVITY UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN KINERJA LINGKUNGAN PADA CV. PIRANTI WORKS

Rose Diana, Nisa (2011) PENERAPAN GREEN PRODUCTIVITY UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN KINERJA LINGKUNGAN PADA CV. PIRANTI WORKS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
49Kb

Abstract

ABSTRAK Pemenuhan dari kebutuhan pembangunan ekonomi dapat terpenuhi dengan tidak merusak kelestarian lingkungan dan dibutuhkan suatu perbaikan yang mengarah pada konsep Sustainable. Metodologi Green Productivity memberikan suatu solusi perbaikan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan kinerja lingkungan secara bersamaan dalam pembangunan sosial ekonomi. CV. Piranti Works adalah sebuah industri kecil kreatif yang bergerak pada sektor kerajinan kayu, produk yang dibuat antara lain radio kayu, alat – alat kantor, dan mainan tradisional. Produktivitas perusahaan yang dilihat dari aspek 3M (Man, Machine, Material), saat ini belum optimal karena masih banyak komponen – komponen reject, belum dapat memenuhi permintaan luar yang lebih dari 10.000 unit, bahan baku yang masih sulit didapat, dan sering terjadi penambahan jam kerja. Selain itu konsep yang diterapkan perusahaan juga belum meningkat, dari hasil evalusi penyebaran Kuesioner, diketahui kinerja lingkungan perusahaan hanya sebesar 68%. Dampak lingkungan yang ditimbulkan dari perhitungan LCA adalah pemanasan global sebesar 8,7125535 Pt. Metode Green Productivity memberikan perbaikan produktivitas dan kinerja lingkungan secara contious improvement, dari penelitia ini di dapat alternative perbaikan untuk konsep produksi bersih, eko – efisiensi dan CSR lingkungan. Dari penerapan produksi bersih, di estimasikan produkstivitas perusahaan meningkat sebesar 0,04 dari produktivitas sebelumnya, selain itu kinerja lingkungan untuk penangan limbah dan produksi juga meningkat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Green Productivity, Produktivitas Perusahaan, Kinerja Lingkungan, Life Cycle Assessment, Analityc Network Process.
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33109
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:08 Feb 2012 13:21
Last Modified:08 Feb 2012 13:21

Repository Staff Only: item control page