PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN JERUK NIPIS (Citrus autrantifolia) DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP PENURUNAN KADAR LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA IKAN KEMBUNG (Rastrelliger kanagurta)

KURNIAWATI, RIA (2011) PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN JERUK NIPIS (Citrus autrantifolia) DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP PENURUNAN KADAR LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA IKAN KEMBUNG (Rastrelliger kanagurta). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Ikan kembung (Rastrelliger kanagurta) merupakan salah satu biota laut yang paling banyak dikonsumsi manusia. Kadar timbal dalam ikan kembung (Rastrelliger kanagurta) 1,6047 mg/kg sedangkan maksimum kadar timbal pada ikan menurut SNI (2009) adalah 0,3 mg/kg. Toksisitas timbal pada manusia dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pembentukan hemoglobin, saraf, jantung, ginjal, dan reproduksi. Sebagai chelating agent, larutan jeruk nipis mempunyai kemampuan mengikat logam berat sehingga membebaskan makanan dari cemaran logam berat. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konsentrasi larutan jeruk nipis dan lama perendaman terhadap penurunan kadar logam berat timbal pada ikan kembung (Rastrelliger kanagurta). Jenis penelitian adalah true experiment menggunakan the posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah ikan kembung (Rastrelliger kanagurta) hasil tangkapan nelayan yang terdapat di perairan Tanjung Emas Semarang. Sampel berjumlah 35, dengan pengulangan 5 kali dan perendaman variasi konsentrasi 12,5% dan 25% selama 30 menit, 60 menit, dan 90 menit. Analisis data menggunakan uji Friedman. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p = 0,0001. Karena nilai p < 0,05 berarti ada penurunan kadar timbal dari variasi konsentrasi larutan dan lama perendaman. konsentrasui dan lama waktu perendaman yang efektif dalam menurunkan kadar timbal adalah konsentrasi larutan jeruk nipis 12,5% selama 90 menit yang mampu menurunkan kadar timbal sebesar 86,77%. Kata Kunci: larutan jeruk nipis, ikan kembung, timbal

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:33095
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Feb 2012 11:04
Last Modified:07 Feb 2012 11:04

Repository Staff Only: item control page