ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PENILAIAN PEMASOK, JUST IN TIME, MANAJEMEN MUTU TOTAL, DAN DESAIN DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU

Yuniawan, Ahyar (2005) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PENILAIAN PEMASOK, JUST IN TIME, MANAJEMEN MUTU TOTAL, DAN DESAIN DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO), 2 (2). pp. 152-177. ISSN 1693-8283

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Mb

Abstract

Pengembangan dan pengetrulan produk yang memberikcLn nilai bagi pelangan telah menjadi kriteria penting bagi pertumbuhan dan kemaknturan perusahaan. Terdapat beberapa ciri penting operasi perusahaan yang saling berhubungan dan sangat menentukan pencapaian kesuksesan tersebut di atas, ontare lain: penilaian pemasok, just in time, manajemen mutu dan desain dan pengembangctn produk baru. Studi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan ciri-ciri operasi tersebut dalem suatu model analisis jalur Metoda yang digunakan dal&m penelitian ini adalah metode survei. Para responden yang diharapkan adalah or(tng-orang yang familiar tentang ciri-ciri dan strategi-strategi operasi perusahaan tersebut di atas. Analisis jalur digunakan untuk menguji secara statistik model yang dihipotesiskan untuk menentukan sejauh mana model yang diajukan konsisten dengan data sampeL. Hasil studi menunjukkan bahwa hanya startegi iust in time yang berpengaruh langsung terhadap strategi manajemen mutu serta terhadap strategi desain dan pengembangan produk baru. Tetapi pengaruh penilaian pemasok terhadap strategi manajemen mutu dan pengaruh strategi manajemen mutu terhadap strategi desain dan pengembangan produk baru tidak signffikan secare statistic. Tampak bahwa riset ini memberikan hasil yang cukup baik, meski data sample mentberikQn dukungan yang Iemah. Studi ini telah menguji suatu model yang mendefinisikan hubungan diantara konstruk-konstrukyang relevan dengan strategi desain dan pengembangan produk baru. Koefisien determinasi menunjukkan hasil 21,28Vo. Ini berarti model hanya mampu menjelaskan hubungan antar variable dalam model yang diajukan sebesar 21,28Vo, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variable lain dan error. Hasil tersebut tidak mengkonfirmasi model dalam penelitian sebelumnyo. Secara umum, hasil survey menunjukkan dukungan yang rendah pada model yang diajukan untuk strategi desain dan pengembangan produk baru. Akan tetapi, sejumlah temuan dalam penelitian ini tetap dapat dimanfaatkan sebagai pertimbangan untuk melakukan berbagai kebiiakan yang terkait dengan berbagai strategi yang digunakan dalam penelitian ini, terutama perhatian terhadap strategi just in time

Item Type:Article
Additional Information:analisis jalu4 survei, strategi-strategi operasi, desctin dan pengembangan produk baru, pertumbuhan dan kemakmuran perusahaan
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Management
ID Code:32995
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Feb 2012 10:44
Last Modified:06 Feb 2012 10:44

Repository Staff Only: item control page