EFEK JUS TOMAT TERHADAP JUMLAH TOTAL LEUKOSIT DAN NEUTROFIL TIKUS WISTAR YANG LEUKOSITOSIS SETELAH DIBERI PAPARAN ASAP ROKOK

Suryani, Ade Irma and Johan, Andrew (2011) EFEK JUS TOMAT TERHADAP JUMLAH TOTAL LEUKOSIT DAN NEUTROFIL TIKUS WISTAR YANG LEUKOSITOSIS SETELAH DIBERI PAPARAN ASAP ROKOK. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
162Kb

Abstract

Latar belakang : Asap rokok mengandung radikal bebas yang memicu terjadinya stres oksidatif dan inflamasi kronik. Paparan radikal bebas yang berlebihan dapat meningkatkan jumlah total leukosit dan neutrofil. Jus tomat yang mengandung likopen dapat meredam radikal bebas sehingga mencegah terjadinya peningkatan jumlah total leukosit dan neutrofil. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium dengan pendekatan The Post Test-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah tikus wistar yang dikembangkan di laboratorium Universitas Negeri Semarang, sampel dipilih secara simple random dibagi menjadi 2 kelompok dimana tiap kelompok terdapat 5 ekor tikus. Pada penelitian ini 1 kelompok sebagai kontrol hanya diberi asap rokok 1 batang perhari dan kelompok perlakuan yang diberi asap rokok dan jus tomat dengan dosis 19ml. Perlakuan diberikan selama 30 hari, pada hari ke-31 dilakukan pengambilan sampel darah. Selanjutnya dihitung jumlah total leukosit dan neutrofil dengan metode hematology analyzer. Hasil : Analisis deskriptif didapatkan nilai mean lebih tinggi pada kelompok kontrol baik pada jumlah total leukosit maupun neutrofil. Hasil uji parametrik independent T-test terdapat perbedaan bermakna antara kelompok kontrol dan perlakuan untuk jumlah total leukosit (p=0,001). Kelompok kontrol dan perlakuan pada jumlah neutrofil menunjukkan kelompok perlakuan < secara bermakna dibanding kontrol. Simpulan : Jumlah total leukosit dan neutrofil lebih rendah secara bermakna (p<0,05) pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kata kunci : jus tomat, jumlah total leukosit, jumlah neutrofil, rokok.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:32799
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Feb 2012 09:46
Last Modified:02 Feb 2012 09:46

Repository Staff Only: item control page