ANALISIS PERUBAHAN SEKTOR UNGGULAN JAWA TENGAH PERIODE 2000-2008 BERDASARKAN TABEL INPUT-OUTPUT (Studi Kasus di BPS Propinsi Jawa Tengah)

YUZDI GHAZALI, MUHAMMAD and Rusgiyono, Agus and Suparti, Suparti (2011) ANALISIS PERUBAHAN SEKTOR UNGGULAN JAWA TENGAH PERIODE 2000-2008 BERDASARKAN TABEL INPUT-OUTPUT (Studi Kasus di BPS Propinsi Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
216Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb
[img]
Preview
PDF
24Kb

Abstract

Tabel I-O merupakan suatu tabel yang menyajikan informasi tentang transaksi barang dan jasa yang terjadi antar sektor ekonomi. Sedangkan analisis Input-Output adalah suatu analisis atas perekonomian wilayah secara komprehensif karena melihat keterkaitan antar sektor ekonomi di wilayah tersebut secara keseluruhan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sektor unggulan dalam pembangunan perekonomian Jawa Tengah pada periode 2000 sampai dengan 2008 sebagai sumber pedoman dalam penentuan kebijakan pembangunan wilayah, dan juga untuk mengetahui keterkaitan antar sektor yang terjadi dalam perekonomian di Jawa Tengah. Penentuan sektor ekonomi yang menjadi sektor unggulan adalah dengan cara melihat angka keterkaitan total antar sektornya baik ke depan maupun ke belakang yang paling besar. Dalam skripsi ini penentuan sektor yang menjadi sektor unggulan diambil dari analisis keterkaitan total ke belakang, karena sektor yang memiliki angka keterkaitan total ke belakang yang besar lebih bisa mendorong kesempatan kerja, dengan kata lain bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak daripada angka keterkaitan total ke depan. Kata Kunci : Analisis Input-Output, Tabel I-O, Sektor Unggulan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:32798
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:02 Feb 2012 09:44
Last Modified:02 Feb 2012 09:44

Repository Staff Only: item control page